Dalam rangka mendokumentasikan, mempublikasikan/mengenalkan, mengembangkan, dan memanfaatkan cagar budaya sebagai materi promosi untuk alternatif destinasi wisata di Kabupaten Bantul, maka Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul menyelenggarakan Lomba Foto Jepretan Cagar Budaya 2018. Ada pun objek foto adalah 32 cagar budaya yang ada di Kabupaten Bantul yang telah mendapatkan pengesahan baik dari kementrian, gubernur, maupun bupati. Objek bidik foto berupa cagar budaya ini bisa berupa benda, struktur, maupun bangunan. Keberadaan objek-objek tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bantul.

Waktu pelaksanaan dimulai tanggal 16 April -14 September 2018 dan pengumpulan karya paling lambat adalah hari Jumat, 14 September 2018 (cap pos). Sampai pada hari dead line diketahui bahwa pendaftar yang mengikuti lomba ini ada 110 orang fotografer yang berasal dari Provinsi Lampung, DKI, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. Namun, jumlah karya yang diterima oleh panitia sebanyak 179 karya dari 47 orang fotografer.

Lomba ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 17.750.000 bagi juara I – Harapan III dan 18 karya pilihan. Jadi total karya yang dipilih/pemenang adalah 24 buah. Ada pun dewan juri dalam lomba ini adalah Albertus Sartono (tim ahli cagar budaya Bantul), Widiatmoko (praktisi dan guru fotografi), Budi Prasetyo (fotografer/praktisi), Tedi Kusairi (fotografer/praktisi), dan Markus Purnomo Adi (praktisi/Disbud Bantul). Hadiah berupa uang ditransferkan ke masing-masing rekening pemenang. Sedangkan hadiah berupa trophy dan piagam diberikan langsung di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul pada hari Rabu, 17 Oktober 2018.

Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Disbud Bantul, Kepala Dinas Disbud Bantul, dan salah satu dewan juri menyampaikan sambutannya. Foto: A. Sartono
Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Disbud Bantul, Kepala Dinas Disbud Bantul, dan salah satu dewan juri menyampaikan sambutannya. Foto: A. Sartono

Rincian pemenang atau para juara adalah sebagai berikut: Juara I, Furkanadi Raditex Budi (Klaten Utara) dengan karya Ndalem Bupati Puralaya Wukirsari Imogiri); Juara II, Ary Gunawan (Sleman) dengan karya Berziarah di Makam Imogiri; Juara III, Damar Aji (Kasihan Bantul) dengan karya Pesona Senja di Komplek Masjid Mataram Kotagede; Juara Harapan I, Ady Agustian (Ungaran Semarang) dengan karya Gua Siluman; Juara Harapan II, Muhammad Hidayat (Sanden Bantul) dengan karya Bermain di Halaman Joglo Broto Sudarmo; Juara Harapan III, Iar Aemid Pratama (Sewon Bantul) dengan karya Pemugaran Cagar Budaya Panggung Krapyak. Sekian karya dari pemenang ini dipersandingkan dengan 18 karya pilihan.

Konten Terkait:  Merti Bakpia 2016: Bentuk Syukur Produsen Bakpia Yogyakarta

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Drs H Sunarto SH MM menyatakan apresiasi dan rasa terima kasihnya karena banyak fotografer mau terlibat atau berpartisipasi dalam acara ini. Kiranya para fotografer tidak bosan-bosan untuk terus mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan dan program-program Pemerintah Kabupaten Bantul. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here