Kelompok teater dan pantomim Puppetomime (Babymime) asal Thailand yang beranggotakan Taa, Aria, dan Jay menampilkan lakon Puppetomime di Bentara Budaya Jakarta, Selasa, 16 Oktober 2018. Pertunjukan ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang diadakan oleh Bentara Budaya Jakarta.

Dalam pertunjukannya, Babymime mencoba memadukan pantomim dengan teater boneka. Mereka juga mengajak para penonton yang hadir untuk berimajinasi dengan menggunakan teknik kerangka objek teater, dimana teknik tersebut bertujuan menafsirkan suatu benda untuk menjadi figur atau benda lainnya.

penampilan Taa dengan penonton lainnya
penampilan Taa dengan penonton lainnya

Teknik ini diterapkan dengan menggunakan barang – barang yang ada di sekitar kita, seperti sarung tangan dan pisau mainan untuk menggambarkan ikan hiu yang berenang di tengah lautan, sekop mainan sebagai boneka, kain guna menggambarkan gulungan – gulungan ombak di pantai.

Selama dua jam, grup pantomim yang aktif tampil dalam festival di Singapura, Indonesia, Thailand dan Amerika Serikat tersebut membawakan cerita- cerita yang ada dalam kehidupan sehari – hari. Seperti cerita yang berjudul Alien, invisible hand, dan horizon tale.

salah satu tingkah konyol Taa saat pertunjukan
salah satu tingkah konyol Taa saat pertunjukan

Mereka membuka pertunjukan dengan membawa garapan terbarunya yang berjudul “Alien”. Kisah ini bercerita tentang seorang manusia bersama hewan peliharaannya yang harus kehilangan rumahnya karena dicuri oleh alien.

Pertunjukan lain berjudul invisible hand tak kalah menarik, menceritakan seseorang yang diganggu makhluk bernama invisible hand dan tokoh itu akhirnya bisa mengalahkan makhluk tersebut.

Dalam pertunjukan yang berjudul horizon tale, Jay dan Aria menuju ke arah penonton dan berinteraksi dengan beberapa penonton anak kecil. Mereka mengajak penonton cilik itu berlari mengitari penonton guna membawa penonton menuju suasana bawah laut yang sedang mereka mainkan.

Penampilan Solo Taa

Taa salah satu anggota Babymime melakukan solo perfomance dengan judul love story, dimana dia membawakan cerita dari kehidupan pribadinya yang ditinggalkan oleh pujaan hatinya, kemudian ia menemukan perempuan lain tetapi perempuan tersebut sudah memiliki pasangan.

penampilan taa dengan salah satu penonton
penampilan taa dengan salah satu penonton

“this story from personal story Taa, he tells about his relationship with his ex girlfriend ,” ujar Jay menerangkan penampilan yang akan di bawakan Taa kepada penonton.

Taa membawakan beberapa cerita yang berjudul hat, hand, fan, love story, magic show, dan camera man. Pada saat penampilannya yang berjudul magic show Taa mengajak satu orang penonton ke atas panggung untuk berperan bersamanya sebagai partner seorang pesulap.

Juga di cerita camera man Taa turun menuju arah penonton untuk menarik beberapa penonton untuk berperan sebagai pasangan pengantin yang akan melakukan foto prewedding dan menggunakan properti kamera sebagai camera man.

Personel Babymime foto bersama penonton
Personel Babymime foto bersama penonton

Para penonton tertawa terbahak – bahak dan terhibur dengan penampilan dan tingkah konyol Taa yang bertelanjang dada saat bercerita tentang fan dan tingkah konyol lainnya. Di akhir penampilannya para penonton banyak yang berebut melakukan swafoto dengan Babymime. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here