Mie Pundong Ala Tembi: Tak Ada Duanya

0
20
Mie Pundong Ala Tembi yang menjanjikan kenikmatan istimewa bersantap mie-Foto-A.Sartono
Mie Pundong Ala Tembi yang menjanjikan kenikmatan istimewa bersantap mie-Foto-A.Sartono

Mie pentil Pundong adalah salah satu jenis mie yang cukup populer di Yogyakarta, khususnya di kawasan Bantul. Mie produk dari wilayah Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, ini bahkan menjadi ikon Pundong. Di Pundong mie jenis ini biasanya diolah menjadi miedes (mie pedes). Jadi, bagi orang yang akan mencari menu miedes bisa langsung menuju wilayah Pundong karena Pundong memang merupakan pusat dari mie jenis ini. Mie pentil Pundong ini bisa diolah menjadi menu pada umumnya: mie godog, goreng, maupun nyemek.

Mie pentil Pundong memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dari mie pada umumnya, yaitu berdiameter sedikit lebih besar. Selain itu mie pentil secara visual tampak lebih bening dan sedikit lebih liat daripada mie biasa. Semuanya itu disebabkan karena bahan utama untuk membuat mie pentil adalah tepung tapioka (kanji). Mie ini dinamakan mie pentil karena wujud visualnya memang mirip dengan karet pentil, yang biasa digunakan untuk menutup dop ban sepeda pada bagian yang masuk ke dalam ruang ban dalam. Selain itu karet pentil juga digunakan sebagai tali pelontar pada ketapel karena daya lenturnya. Karet pentil juga dapat digunakan sebagai pengganti karet kolor celana.

Mie pentil Pundong inilah yang untuk bulan Oktober 2018 ini dipromosikan oleh Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi. Chef WD Pulo Segaran Tembi membuat sendiri mie pentil Pundong ini di dapur WD Pulo Segaran. Dengan demikian kualitas dan hieginitasnya cukup terjamin. Di tangan chef yang memang ahli dan kreatif mie yang menjadi identitas Pundong atau Bantul ini diolah menjadi menu yang sangat lezat dan tampil dengan wajah kekinian yang cantik.

Di tangan chef WD Pulo Segaran mie pentil Pundong ini diolah menjadi menu baru yang dinamakan Mie Pundong Ala Tembi, yang diramu tidak seperti mie pada umumnya. Beda banget. Mie Pundong Ala Tembi diramu dengan belasan macam bumbu dan takaran yang sangat diperhitungkan sehingga dengan mencicip kuahnya saja kita sudah akan langsung tergoda untuk terus dan terus menikmatinya sampai sendokan terakhir.

Konten Terkait:  Wedang Merdeka Menyambut HUT Kemerdekaan

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk sajian Mie Pundong Ala Tembi ini di antaranya adalah bumbu kare, kemiri, lengkuas, sereh, lada, dan lain-lain. Paduan tampilan yang cantik, aroma bumbu yang demikian merangsang, dan rasanya yang benar-benar lezat menjadikan menu ini wajib dan direkomendasikan untuk dicicipi.

Mie Pundong Ala Tembi selain diramu dengan bumbu yang seperti itu juga dilengkapi dengan tauge yang segar juga seledri yang segar pula. Topingnya yang berupa udang dan telur puyuh melengkapi kehadirannya untuk ikut menyempurnakan penampilan, rasanya. Begitu sulit menemukan kata-kata untuk menggambarkan kenikmatan Mie Pundong Ala Tembi yang beda banget dengan mie pada umumnya. Untuk Mie Pundong Ala Tembi yang sangat lezat dan cantik ini Anda hanya diminta untuk membayar Rp 17.000. Harga yang sangat murah bagi semangkuk mie hasil kreasi chef yang sangat berpengalaman. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here