Beberapa tahun terakhir orang seperti keranjingan minum kopi. Semua tidak lepas dari promosi dan sebaran informasi mengenai kopi. Daerah-daerah yang selama ini tidak bertradisi minum kopi seperti Yogyakarta pun ikut kejangkitan tren minum kopi. Oleh karena itu bermunculanlah warung kopi atau kafe di berbagai tempat di Yogyakarta yang menyuguhkan menu kopi. Begitu banyak varian minuman kopi yang kemudian mewarnai kafe, restoran, dan warung kopi di Yogyakarta. Orang pun semakin merasa nikmat dengan kegiatan nongkrong dan minum kopi.

Daftar menu di Warung Pojok Teh Boelondo Kotabaru Yogyakarta-Foto-A.Sartono
Daftar menu di Warung Pojok Teh Boelondo Kotabaru Yogyakarta-Foto-A.Sartono

Sekalipun demikian, sesungguhnya tidak sedikit pula orang yang begitu menggemari minum teh. Ada berbagai warung legendaris di Yogyakarta yang cukup terkenal dengan sajian minuman tehnya. Warung-warung seperti ini tidak selalu tampil cantik, rapi, bersih, dan kekinian. Bahkan terkesan jadul dan sederhana saja tampilan visualnya. Warung-warung semacam ini ada di berbagai sudut di kota maupun di desa-desa di Yogyakarta. Tak pelak warung-warung teh semacam ini juga menjadi tempat berkumpul dan nongkrongnya para penggemar teh.

Petugas meracik teh di Warung Pojok Teh Boelondo Kotabaru Yogyakarta-Foto-A.Sartono
Petugas meracik teh di Warung Pojok Teh Boelondo Kotabaru Yogyakarta-Foto-A.Sartono

Umumnya para penggemar atau maniak teh kurang menyukai minum kopi. Ada yang beralasan karena minuman kopi dirasa terlalu “berat”. Teh dirasa lebih ringan dan menyegarkan. Ada pula yang beralasan bahwa lambung mereka tidak terlalu kuat untuk menerima tegukan air kopi. Untuk itu mereka mimilih teh. Banyak juga penggemar teh yang telah berusia 45 tahun ke atas merasa sulit untuk memindahkan selera minum tehnya pada jenis minuman lain (kopi). Ibaratnya, lidah mereka telah begitu akrab dengan teh, jadi terasa agak asing jika harus meminum kopi. Tidak ada yang buruk dengan semuanya itu. Masing-masing memiliki pilihannya sendiri-sendiri dengan alasan yang sendiri-sendiri pula.

Konten Terkait:  Es Bangjo yang Segar Menggoda
Aneka racikan teh ada di Warung Pojok Teh Boelondo Kotabaru Yogyakarta-Foto-A.Sartono
Aneka racikan teh ada di Warung Pojok Teh Boelondo Kotabaru Yogyakarta-Foto-A.Sartono

Berkaitan dengan hal itu dilakukanlah survei tentang teh selama beberapa minggu oleh Tim Pojok Teh Boelondo Kotabaru. Survei tentang teh ini akhirnya menghasilkan ramuan teh khas ala Pojok Teh Boelondo Kotabaru. Untuk kali ini Pojok Teh Boelondo berhasil meramu teh khasnya seperti Teh Tembi, Teh Polaman, Teh Ngadirojo, Teh Ori, Teh Shooter dan Teh Rempah. Selain itu Warung Pojok Teh Boelondo juga menyajikan menu khasnya, yakni Bakmi Godok/Goreng maupun Nyemek dan Magelangan. Ada pula aneka cemilan seperti Pisang Legit, Macaroni Obong, Tahu Susur, dan lain-lain.

Warung Pojok Teh Boelondo Kotabaru Yogyakarta-Foto-A.SartonoPojok Teh Boelondo terletak di Jl. Sajiono No 15 Kotabaru Yogyakarta, tepatnya di belakang sekolahan SMA N 3 Yogyakarta (Padmanaba). Pojok Teh Boelondo buka mulai jam 17.00-22.00 WIB. Tempat ini asyik untuk nongkrong sambil minum teh ramuannya yang muncul karena hasil riset tim mereka. Sekalipun berada di tengah kota, suasana Pojok Teh Warung Boelondo terkesan tenang menenteramkan. Sangat asyik buat nongkrong bahkan mojok bersama orang-orang tersayang. Selain asyik tempat dan suasananya, warung ini dilengkapi dengan wifi. Tehnya oke, camilannya oke, bakminya oke, dan suasananya dapet. Bagi penyuka teh dan bakmi, tempat ini tidak boleh dilewatkan. (*)

PETA LOKASI:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here