Buku Komprehensif untuk Memahami Karawitan Jawa

0
57
Serat Kandha Karawitan Jawi
Serat Kandha Karawitan Jawi

Karawitan adalah salah satu kesenian Jawa yang mampu bertahan dan melekat di hati mayarakat Jawa selama beratus-ratus tahun. Karawitan mempunyai arti cara memainkan gamelan. Gamelan pada dasarnya merupakan kumpulan dari sejumlah ricikan ( instrumen musik). Pengetahuan atau ilmu tentang memainkan gamelan disebut kagunan karawitan (kebiasaaan, kemampuan, keahlian, keterampilan, kemahiran atau penguasaan atas gamelan).

Banyak tulisan yang membahas tentang karawitan Jawa, salah satunya Serat Kandha Karawitan Jawi. Di dalamnya ada bahasan tentang sejarah karawitan Jawa, gamelan dan para pemainnya (niyaga/panjak), swarawati (pesinden), dan pola atau cara belajar karawitan. Karawitan bisa berdiri sendiri atau pun untuk mengiringi suatu pertunjukan. Salah satunya adalah pergelaran wayang. Pergelaran wayang itu ada pakem atau pola urutan tertentu sehingga gending atau lagu yang dipakai untuk mengiringi juga sudah ada pakemnya. Dalam pergelaran ini dalang, pemain gamelan (gamelan terdiri dari berbagai instrumen, dan biasanya seseorang mempunyai keahlian pada instrumen tertentu) mempunyai peran masing-masing yang saling membutuhkan.

Ada bahasan tentang gamelan berdasarkan fungsi dan kegunaan, kelengkapan gamelan, besar kecilnya ukuran fisik gamelan, bahan yang digunakan untuk membuat sistem pembangkit atau penghasil bunyi. Ricikan berdasarkan bentuk penghasil atau pembangkit bunyi, berdasarkan fungsi dan perannya dalam karawitan, jenis-jenis ricikan. Nilai-nilai filosofi, laras, pathet dan embat serta pola dan garapan gending/lagu. Juga tentang karawitan sebagai pengiring wayang, tari, sendratari, ketoprak dan lain-lain. Informasi dalam buku ini sangat banyak dan terperinci, dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terbelit-belit.

Judul : Serat Kandha Karawitan Jawi
Penulis : Bram Palgunadi
Penerbit : ITB, 2002, Bandung
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : 24a + 649

Konten Terkait:  Buku Pelajaran Sejarah “Indonesia” versi Belanda

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here