Pendidikan dalam Keluarga Jawa

0
59

Bagi orang Jawa, keluarga merupakan hal yang penting. Dalam keluarga mereka mendapatkan kesejahteraan emosional serta titik keseimbangan dalam orientasi sosial. Mereka mendapatkan bimbingan moral untuk hari depan kelak sesuai nilai-nilai dan pandangan hidup dalam budaya Jawa.

Buku ini membahas tentang potret keluarga Jawa di Kota Surakarta, terutama ajaran-ajaran atau piwulang-piwulang yang diterapkan dalam keluarga tersebut. Ada tiga lokasi yang dipilih yaitu keluarga keraton, keluarga luar keraton dan keluarga di Kampung Laweyan. Keluarga keraton adalah keluarga yang mempunyai hubungan kekerabatan dengan Kasunanan maupun Mangkunegaran, baik yang bertempat tinggal di dalam keraton atau njeron beteng maupun di luar keraton. Keluarga di luar keraton adalah keluarga yang tidak mempunyai hubungan kekerabatan dengan keraton, dengan profesi yang beraneka ragam. Keluarga di Kampung Laweyan adalah keluarga yang berprofesi sebagai pedagang batik baik skala besar maupun kecil dengan masyarakat yang lebih marjinal.

Walaupun mempunyai latar belakang yang berbeda, tetapi keluarga-keluarga di tiga lokasi itu mempunyai banyak persamaan dalam pandangan hidup. Ketika berinteraksi dengan orang lain baik yang masih kerabat maupun bukan, harus dengan sikap yang sopan dan menghormati. Nilai-nilai lain yang juga ditekankan adalah menjaga kerukunan, berwatak ksatria, mempunyai rasa tanggung jawab, jujur, saling mengasihi, disiplin, dapat menyesuaikan diri dengan situasi, selalu berusaha secara maksimal dan selalu ingat kepada Yang Maha Kuasa.

Seiring perjalanan waktu nilai-nilai dan pandangan hidup tersebut mengalami pergeseran atau perubahan. Hal ini adalah sesuatu yang wajar karena pelaku atau pemakainya juga mengikuti perkembangan zaman, yang tidak dapat dihindari. Namun, inti dari pandangan hidup atau nilai-nilai tersebut masih dipegang erat.

Judul : Potret Keluarga Jawa di Kota Surakarta
Penulis : Sumarno, dll
Penerbit : BPNB, 2013, Yogyakarta
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : x + 186

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here