Kumpulan Cerpen dengan Latar Belakang Zaman Hindia Belanda

0
103
Cerita pendek Hindia Belanda
Cerita pendek Hindia Belanda

Buku berjudul “Semua untuk Hindia” ini berisi 13 cerita pendek dengan latar belakang zaman Hindia Belanda. Berbagai peristiwa di Hindia Belanda yang digunakan sebagai latar belakang antara lain pelayaran Cornelis de Houtman ke Nusantara (1596), pemberontakan Untung Suropati (awal 1680), pemberangkatan Pangeran Diponegoro ke Manado (1830), perkebunan tembakau di Deli (awal abad XX) serta masa vakum kekuasaan pasca penjajahan Jepang (1945).

Ketiga belas cerita pendek ini berupa cerita petualangan, detektif, kisah asmara, maupun horor. Cerita pendek ini ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menggunakan bahasa ‘aku’ untuk sang tokoh utama. Dalam setiap cerita, penulis, langsung memaparkan situasi yang sedang terjadi, seringkali situasi yang genting/gawat. Ketika membaca, dapat saja terhanyut ke alur cerita, seakan-akan ini adalah cerita nyata padahal fiksi. Yang nyata adalah latar belakang cerita.

Cerita pendek ini sarat dengan berbagai nilai, norma, moral dan kemanusiaan. Kemanusiaan tidak mengenal batas, sebaliknya nafsu juga bisa menguasai siapa saja. Misal cerita pendek dengan judul “Penunjuk Jalan”, menceritakan seorang dokter Belanda yang kereta kudanya terjatuh ke dalam jurang. Penolongnya adalah seorang “pangeran” yang ternyata Untung Surapati. “Racun untuk Tuan”, menceritakan asisten administrasi perkebunan Deli Sumatera yang mengusir gundiknya, demi istri resminya yang akan datang dari Belanda. “Semua untuk Hindia’, menceritakan persahabatan Bastiaan de Wit, wartawan De Locomotief dengan seorang putri bangsawan dari puri Kesiman yang berakhir karena perang puputan.

Judul : Semua untuk Hindia
Penulis : Iksaka Banu
Penerbit : Gramedia, 2014, Jakarta
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : xiv + 2009

Konten Terkait:  Kaum Indo dan Pandangannya tentang Nasionalisme

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here