Belut tidak saja lezat diolah menjadi masakan, namun juga bermanfaat besar untuk kesehatan. Daging belut mengandung kalori yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk menimbulkan energi dalam tubuh. Belut juga mengandung banyak karbohidrat yang penting untuk kalori. Selain itu belut juga mengandung zat besi yang penting untuk tubuh guna pembentukan hemoglobin dalam sel-sel darah. Daging belut juga berkhasiat untuk kesehatan mata, kesehatan jaringan syaraf, membantu membentuk protein, hormone, penambah darah, dan membantu menormalkan tekanan darah pada jaringan otak.

Manfaat lain dari daging belut yaitu mengandung fosfor yang sangat baik untuk menguatkan tulang, menghindari osteoporosis, setara dengan manfaat susu dan udang. Kandungan lain dari daging belut adalah apa yang dinamakan arginin, yang memiliki fungsi penting sebagai penghambat sel kanker payudara. Bila ingin jantung sehat disarankan untuk mengonsumsi belut. Daging belut dapat menurunkan risiko serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Oleh karena itu pula Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya kembali me-launching menu kreasi baru dengan bahan baku utama belut. Olahan yang dipromosikan pada bulan Agustus 2018 ini dinamakan Nasi Bakar Belut Tulang Lunak. Sesuai dengan namanya, Anda tidak lagi perlu merasa khawatir akan tulang belut yang keras. Di tangan cef WD Pulo Segaran tulang belut itu dapat dilunakkan tanpa menggunakan panci presto, namun dengan teknik tradisional.

Pengempukan atau teknik melunakkan tulang belut secara tradisional ini dilakukan dengan memasak belut dalam suhu tertentu dalam tempo atau waktu ytang cukup lama. Dengan demikian pula semua sari bumbu rempah kemudian meresap hingga ke serat daging dan tulang-tulangnya. Tentu saja tidak bisa dibayangkan kelezatannya. Belut berbumbu rempah ini kemudian dimasukkan ke tengah nasi pulen yang dimasak dengan santan. Nasi kemudian digulung dan dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar dalam suhu tertentu sehingga daun pisang tidak gosong.

Konten Terkait:  Semar Mbangun Kahyangan Cara Semar Mengkritisi Pemimpin

Boleh dibayangkan bagaimana kira-kira aroma dari masakan ini. Sedikit sangit dari daun pisang berbaur bumbu rempah menjadikan aroma masakan ini sangat menggelitik selera untuk segera mencicipnya. Tampilan nasi pulen dalam wadah daun yang eksotik, toping belut tulang lunak kaya bumbu dengan rasa agak pedas serta aneka lalapan dan garnis menjadikan Nasi Bakar Belut Tulang Lunak ini sebagai suguhan yang sangat sulit untuk diabaikan. Tambahan kerupuk dan tempe garit goreng semakin memperkaya cita rasanya. Untuk hidangan selezat ini Anda hanya diminta untuk mengganti ongkos kreativitas seni kulinernya saja seharga Rp 27.000. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here