Muhammad Mirsyad atau yang lebih dikenal “Mice”, menggelar pameran tunggal untuk menandai 20 tahun ia berkarya melalui tokoh “Mice” dalam jagad kartun dan komik kartun Indonesia. Dari awal hingga kini ia tetap konsisten membahas isu politik, urban dan gaya hidup. Pameran digelar mulai 21 juli sampai 4 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Tigor dari Ocotpus Garden selaku penyelenggara menjelaskan bahwa pameran ini merupakan bentuk aspresiasi komik kartun Tanah Air. Juga atas permintaan dari para penggemar setia komik Mice. Setelah melalui persiapan selama hampir dua tahun ini akhirnya dapat merealisasikan pameran dengan judul “Indonesia Senyum”.

mice saat menjelaskan karyanya
mice saat menjelaskan karyanya

“Pemilihan judul Indonesia Senyum terkesan sangat sederhana, mengingatkan kita untuk tersenyum di tengah hiruk-pikuk dan kemelut kehidupan warga Indonesia saat ini. Melalui hasil karya komik, game, kartun profil, dan animasi pameran ini menciptakaan kelucuan, kalian pasti terhibur,” kata Mice saat pembukaan pameran, Sabtu, 21 Juli 2018.
Sosok yang sangat ngefans dengan The Beatles ini mengakui bahwa komik kartunnya selalu ada pesan yang ingin disampaikannya kepada para pembaca. Sebagai contoh, pada era perjuangan reformasi Mice membuat komik kartun yang fokus mengkritik pemerintahaan kala.

komik kartun profil karakter
komik kartun profil karakter

“Ini merupakan karya saya saat era reformasi kala itu. Saya mengkritik namun tanpa emosi, mewakili keresahaan serta kesedihan hati saya terhadap apa yang terjadi di masyarakat kala itu. Contohnya seperti gambar korupsi kalau di luar negeri itu menerima hukuman sangat berat namun kalau di Indonesia malah sering dapat remisi,” ungkap Mice saat menjelaskan karya kartun komiknya yang mengkritik pemerintah.
Kurator Evelyn Huang dan Yulian Ardhi menjelaskan bahwa pameran ini merupakan satu rangkuman perjalan Mice dalam berkarier selama 20 tahun. Banyak karya Mice yang sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan masyarakat dan mengingatkan kita bahwa Indonesia haruslah tersenyum agar menciptakan suasana ceria di negeri ini.
Banyak karya yang dihadirkan di pameran ini seperti, karya di tahun 2003 yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat urban Ibu Kota, untuk mengajak kita bercermin dan berfikir tantang kesederhanaan.

Konten Terkait:  Keberagaman dalam Media Kreatif
game ciptaan mice
game ciptaan mice

Sejak 2016 Mice membuat karya dengan media digital melalui platform online, yang menyesuaikan perkembangan teknologi guna memberikan kemudahan bagi para penikmat Komik Mice.

mice bersama kurator dan penyelenggara
mice bersama kurator dan penyelenggara

“Pada intinya saya akan terus melahirkan karya-karya melalui kartun yang mampu mengedukasi dan menghibur masyarakat, semoga hal itu bisa terus terwujud,” kata Mice. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here