Lidah sapi merupakan salah satu bahan olahan makanan yang disukai banyak orang. Lidah sapi umumnya dimasak bistik atau semur, namun lidah sapi juga dapat diolah menjadi aneka hidangan seperti olahan daging pada umumnya. Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya pada bulan Juli ini meluncurkan satu menu olahan baru berbahan lidah sapi, yakni Sate Ilat. Istilah ilat dalam bahasa Jawa diartikan sebagai lidah.

Daging lidang sapi dipilih menjadi bahan utama olahan Sate Ilat karena beberapa keunggulan dari lidah. Keunggulan yang utama dan terutama adalah karena tekstur dagingnya yang lembut dan lunak. Sekalipun demikian, daging lidah sapi memang membutuhkan ketelitian dalam proses pembersihannya. Di antaranya adalah dengan mengelupas kulit ari dari lidah itu sendiri. Proses ini membutuhkan keterampilan dan pengalaman dari seorang cef yang memang punya pengalaman serta pengetahuan untuk itu. Selain itu, aroma dari daging pada bagian lidah agak berbeda dengan aroma daging sapi biasa. Aroma daging pada lidah sapi yang belum diolah umumya memang amis dan agak sedikit arus (langu). Sekalipun demikian cef WD Pulo Segaran Tembi memiliki kemampuan atau kecakapan prima untuk mengolah semuanya itu.

Menu Sate Ilat ini kiranya memang cocok dengan bulan Juli ini saat Yogyakarta telah memasuki masa kering atau kemarau. Udara terasa dingin, terutama menjelang maghrib hingga pagi hari. Dalam suasana seperti itu hidangan Sate Ilat menjadi cocok untuk menghangatkan badan. Bukan hanya itu saja.

Ramuan bumbu yang lengkap dalam takaran yang pas menjadikan olahan Sate Ilat WD Pulo Segaran memang menjanjikan kenikmatan bersantap sate yang berbeda. Ada pun bumbu-bumbu yang menjadikan Sate Ilat ini istimewa di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, bubuk kare, lada, cabai merah teropong, dan lain-lain. Di samping bumbunya yang lengkap dalam takaran yang pas, irisan daging Sate Ilat WD Pulo Segaran Tembi ini juga terbilang istimewa karena formatnya yang lebar/besar. Bahkan bisa 4-5 kali lebih besar dari irisan daging bagi sate pada umumnya.

Konten Terkait:  Empat Penyair Perempuan Tampil di Sastra Bulan Purnama

Kelengkapan bersantap Sate Ilat ala WD Pulo Segaran juga bisa dilihat dengan penyertaan oseng sayuran dan nasi bertoping serundeng. Semuanya itu dibuat memang untuk memanjakan lidah penikmatnya. Sate Ilat, nasi pulen berserundeng, dan oseng sayuran menjadikan Sate Ilat Tembi istimewa. Sate Ilat lengkap istimewa ini dipromosikan di bulan Juli dengan harga Rp27.000 saja.
(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here