Gempa Ambon Tahun 1932, Menurut Catatan Kajawen

0
47

Wilayah Ambon dilanda gempa bumi pada tanggal 9 September 1932. Berita gempa Ambon itu dimuat dalam majalah berbahasa dan beraksara Jawa, yakni majalah Kajawen. Beritanya ada di edisi 79 tanggal 1 Oktober 1932, pada halaman 1.242—1.243.

Gubernur dan asisten Belanda meninjau wilayah gempa-repro-suwandi
Gubernur dan asisten Belanda meninjau wilayah gempa-repro-suwandi

Pada majalah itu disebutkan, gempa terjadi sekitar pukul 22.00 WITA atau 10 malam, dengan durasi 20 detik (tertulis: kinten-kinten wanci jam 10 dalu langkung, … kinten-kinten dangunipun 20 sekon langkung). Besarnya gempa itu hampir sama dengan kejadian serupa yang terjadi tahun 1898. Gempa yang mendadak itu membuat rakyat keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Desa yang terdampak gempa di antaranya adalah Tulehu dan Wahai.

Tenda sementara untuk menampung pengungsi desa Tulehu Ambon-repro-suwandi
Tenda sementara untuk menampung pengungsi desa Tulehu Ambon-repro-suwandi

Akibat gempa tersebut ada 53 rumah roboh dan sebagian rusak sedang dan ringan. Korban jiwa tidak ada. Sementara kerugian materi belum bisa dilaporkan. Warga yang mengalami kerusakan rumah kemudian menempati tenda-tenda sementara dan membuat dapur umum di tempat darurat itu. Berita dan gambar selengkapnya tentang peristiwa itu bisa dibaca di Majalah Kajawen milik Perpustakaan Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. (*)

Konten Terkait:  Tangsi Militer Belanda di Siak

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here