Restoran Papoea By Nature: Bawa Sagu dan Ikan Asar dari Papua

0
129
Ikan Asar - Dok Pribadi
Ikan Asar - Dok Pribadi

Sebuah restoran unik di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, menyajikan makanan khas Papua. Tak hanya khas Papua bahan dasar dari setiap makanan dibawa langsung dari pulau yang terletak di wilayah Timur Indonesia ini. Sagu, ikan asar, sayur lilin dan makanan lainnya disajikan tanpa rekayasa genetika dan organik.

Amelia, pemilik restoran sekaligus penggagas makanan Papua dengan konsep baru ini, mengatakan ingin sekali memperkenalkan masakan Papua ke Jakarta dan Internasional. “Aku sebagai generasi muda harus melakukan ini, karena ini budaya kita, sudah seharusnya diperkenalkan ke masyarakat yang lebih luas. Ini salah satu cara saya mendekatkan Papua ke orang banyak,” paparnya saat ditemui Tembi beberapa waktu lalu.

Aneka Snack dari Papoea By Nature - Dok Pribadi
Aneka Snack dari Papoea By Nature – Dok Pribadi

Lahir dan besar di Tanah Papua, wanita berdarah Sumatera Utara ini sejak kecil tinggal di Jayapura mengikuti orangtuanya yang sudah tinggal di sana sejak 1977. Lama tinggal Jayapura, Amelia bertekad ingin memperkenalkan makanan Papua di Jakarta dan kepada masyarakat lebih luas lagi, meskipun ia sadar harus melakukan berbagai penyesuaian agar makanan dari Papua bisa cocok dengan lidah orang Jakarta.

Tak hanya bekerja sama dengan para petani dan mama-mama di pasar Amelia mengajak ‘jungle chef Papua’ Charles Toto dan ahli kopi Papua, Rio dalam meramu konsep “Papoea by Nature”. Tak hanya makanan asli dari Papua, Amelia ingin tampilan makanan tetap ‘Cantik’ ala resto. Selain sayuran dan ikan asar yang didatangkan langsung dari Mama Usi yang sudah sejak lama menjual ikan asar, kopi yang disuguhkan adalah kopi hutan yang di dapat dari kerja sama dengan kepala adat di sana.

Amelia Bersama Charles Toto dan Rio
Amelia Bersama Charles Toto dan Rio

Menu utama Papoea by Nature adalah ayam panggang rempah yang disajikan bersama ubi ungu dan jamur karang batu khas Papua. Ikan Asar juga menjadi menu unggulan. Ikan yang dibersihkan dan ditusuk dengan bambu, lalu diasap hingga matang, juga sayur lilin, bentuknya seperti sereh besar, sayur ini menjadi makanan pokok orang Papua dulu, namun kini perlahan mulai ditinggalkan.

Konten Terkait:  Manusia Istana Sajikan Dramatik Puisi Gaya Baru
Salah Satu Snack Istimewa
Salah Satu Snack Istimewa

Tentu ada juga papeda, ikan kuah kuning atau sayur kuah kampung yang dikemas dalam rantang. Jangan lewatkan menu nasi campur yang cocok untuk sharing, untuk menu ini dikemas dalam tas khas Papua, noken. Yang tak kalah istimewa adalah makanan pembuka dan penutup ala Papoea by Nature, ada Jungle Banana, irisan pisang dengan kulit yang dipanggang lalu dibumbui cabai, ada juga kroket kentang isi ikan asap yang pedas dan gurih.

Dan yang paling istimewa saat Tembi mencicipi adalah donat isi selai buah merah, buah yang dikenal berkhasiat, disajikan dengan cantik dan rasa yang enak. Asam, manis, bercampur dengan lembutnya roti donat dengan baluran gula halus. (*)

PETA LOKASI:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here