Inilah Perusahaan Penerbitan Terbesar di Hindia Belanda

0
170
Gedung perusahaan Golff & Co di masa lalu
Gedung perusahaan Golff & Co di masa lalu

Gedung dalam foto ini adalah perusahaan percetakan/penerbitan buku pertama di Hindia Belanda di Batavia (sekarang Jakarta). Foto diambil sebelum tahun 1872. Foto yang tersaji ini diambil dari buku Woodbury & Page, Photographers Java, karya Steven Wachilin terbitan KITLV Press, London, 1994.

Nama perusahaan tersebut adalah G Kolff & Co. Perusahaan ini semula dioperasikan pada tahun 1848 dengan nama Willem van Haren Norman (pendiri). Semula perusahaan milik Willem van Haren ini hanya merupakan sebuah toko buku yang relatif kecil saja. Akan tetapi pada tahun 1850 Gualtherus Johannes Cornellis Kolff datang ke Batavia dan atas rekomendasi saudara Willem van Haren Norman ia bekerja di perusahaan tersebut.

Pada tahun 1853 GJC Kolff menjadi mitra bersama Willem van Haren Norman yang kembali ke Eropa empat tahun kemudian karena menderita sakit. Setelah pemulihan, Willem van Haren Norman memutuskan untuk tinggal di Eropa dan pensiun dari bisnis. Setelah itu nama perusahaan berubah menjadi G Kolff & Co.

Perusahaan ini menjadi kian besar dan bahkan bisa membeli tanah cukup luas di sekitar kantor ini. Kolff menjadi penyokong utama surat kabar terkenal di masanya (tahun 1850-an), yakni Java Bode yang berafiliasi dengan surat kabar De Locomotief (Semarang), dan Soerabaiasche Handelsblad (Surabaya). Kolff juga membidani lahirnya surat kabar Bataviaasch Nieuwsblad (Batavia).

Ratu Belanda pada tahun 1930 memberikan hak pada Kolff untuk menggunakan kata “Koninklijke” (kerajaan) pada perusahaannya sehingga menjadi NV Koninklijke Boekhandel en Drukkerij G Kolff & Co. Pada zamannya perusahaan ini menjadi perusahaan penyedia buku-buku pendidikan terbesar di Hindia Belanda. Perusahaan ini mampu bertahan cukup lama, yakni lebih dari satu abad. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here