Sega Tambra Bogor dan Es Teler Segaran di Bulan April

0
104

Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya Bantul terus mengulik menu-menu tradisional, utamanya yang terekam dalam Serat Centhini yang disusun mulai tahun 1814 itu. Ada banyak menu unik di sana. Untuk bulan April ini WD Pulo Segaran menawarkan menu unik dan langka dari Serat Centhini yang dinamakan Sega Tambra Bogor. Menu ini terdiri dari nasi putih pulen yang dibungkus daun pisang, pepes ikan tambra (ikan mas), opor ikan tambra, sambal, lalapan. Semuanya disajikan dalam satu wadah sebagai satu paket.

Nama menu Sega Tambra Bogor diambil dari menu yang pernah dijumpai tokoh-tokoh dalam Serat Centhini ketika mereka mengembara hingga wilayah Bogor (Jawa Barat). Tampaknya menu ikan mas di wilayah tersebut menjadi menu yang umum dipilih sebagai menu khas sekaligus berkelas. Menu inilah yang ditawarkan WD Pulo Segaran, tentu saja dengan tampilan dan selera masa kini tanpa meninggalkan kekhasan masa lalu.

Pepes ikan tambra yang diolah WD Pulo Segaran Tembi tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Daging tambra yang putih, empuk, dan pulen itu menjadi demikian gurih kaya aroma rempah oleh karena bumbu rempahnya demikian meresap sampai ke serat dagingnya, Semua itu berkat kepiawaian cef WD Pulo Segaran yang tahu benar cara mengolah aneka macam bahan pangan termasuk jenis ikan tambra. Untuk menambah efek segar dalam bersantap menu ini juga disertakan Opor Ikan Tambra yang tidak kalah lezatnya dengan pepes ikan tambranya. Hanya saja opor ini memang berkuah sehingga efek kesegarannya demikian terasa.

Bagi penyuka pedas, menu ini pun dilengkapi dengan sambal yang khas dimana di sana ada dominasi bawang putih dan bawah merah yang telah diolah matang bersama cabai dan bumbu lainnya. Lalapan pun disertakan juga untuk kelengkapan dan kepuasan bersantap Sega Tambra Bogor ini. Menu yang lezat, unik, dan langka yang berasal dari masa lampau ini dapat Anda nikmati dengan harga Rp 36.000 saja. Kepuasan akan kelezatan menu ini tidak diragukan lagi. Anda dapat menikmati menu ini sembari menikmati suasana alam sekitar WD Pulo Segaran Tembi yang tenang dan asri yang di dalamnya juga penuh dengan sentuhan nuansa budaya. Bagi para pemburu kuliner, menu ini sungguh menantang. Menantang lezatnya, menantang unik dan langkanya, menantang pula suasananya.

Es Teler Segaran WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono
Es Teler Segaran WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono

Khusus untuk bulan April ini WD Pulo Segaran di samping menawarkan menu promo Sega Tambra Bogor, juga menawarkan menu promo lain yang dinamakan Es Teler Segaran. Hal tersebut berkait dengan suasana bulan April di Indonesia dimana hal itu dipercaya sebagai bulan yang mulai mengering. Artinya, bulan awal memasuki musim kemarau. Udara terasa gerah. Hawa panas. Cahaya matahari terasa demikian terang dan terik. Saat atau waktu yang demikian enaknya menikmati yang seger-seger. Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya pun tanggap. Khusus di bulan April 2018 ini WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya menyajikan menu promo yang seger-seger, yaitu Es Teler Segaran. Ya, Es Teler Segaran.

Es Teler Segaran WD Pulo Segaran nikmat dan segarnya bukan hanya janji. Foto: A.Sartono
Es Teler Segaran WD Pulo Segaran nikmat dan segarnya bukan hanya janji. Foto: A.Sartono

Segaran mengacu pada pengertian serba segar sekaligus nama dari WD Pulo Segaran itu sendiri. Segaran juga bisa diartikan sebagai lautan. Jadi, memang berunsur air yang menyodorkan makan segar. Es Teler Segaran juga menyodorkan hal itu. Es Teler Segaran diramu dari berbagai bahan pilihan, yakni kelapa muda, cincau hitam, alpukat, tapi singkong, mutiara delima, susu kental, sirup merah, dan toping berupa bola-bola cokelat, dan tentu beberapa potongan es yang memberi efek dingin yang segar.

Es Teler Segaran memang dikonsep sedikit berbeda dengan es teler pada umumnya. Es yang digunakan bukanlah es balok yang digosrok, melainkan es mungil cetak yang sering disebut es polar. Selain itu, wadah penyajiannya bukanlah mangkuk seperti mangkuk untuk soto dan bakso, melainkan gelas bening bertangkai (cocktail glass) yang terkesan lebih elegan.

Komposisi bahan isian beserta volume untuk Es Teler Segaran memang telah diperhitungkan dan diukur sedemikian rupa sehingga unsur-unsurnya seimbang. Seimbang volume, jumlah, takaran, dan juga komposisi rasanya. Bisa dikatakan bahwa es teler memang berasa nano-nano, ramai banget. Untuk dapat menikmati Es Teler Segaran ini Anda hanya diminta membayar Rp 12.600 saja. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR