Inilah Novel Terakhir dari Trilogi Sapardi Djoko Damono

0
568
Partisipasi Musikalisasi Puisi Karya Sapardi
Partisipasi Musikalisasi Puisi Karya Sapardi

Lagi-lagi Sapardi Djoko Damono menuangkan cerita dari kisah perjalanan Pingkan dan Sarwono dalam Novel ketiga dari trilogi “Hujan Bulan Juni” yaitu “Yang Fana Adalah Waktu”. Peluncuran novel pada 16 Maret 2018, di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, sukses membuat para penggemarnya penasaran tentang bagaimana akhir perjalanan dari Pingkan dan Sarwono.

Novel trilogi “Hujan Bulan Juni” berkisah tentang hubungan manusia yang diwarnai perbedaan agama dan budaya. Pingkan dan Sarwono selaku tokoh utama dalam novel ini menyiasati lingkungan sosial tersebut sehigga kisah mereka mempunyai makna lebih dari sekadar kasih sayang.

Novel pertama diterbitkan pada Juni 2015 dan berselang dua tahun, Sapardi meluncurkan novel kedua berjudul “Pingkan Melipat Jarak”. Dalam buku terakhir “Yang Fana Adalah Waktu”, pembaca akan menemukan titik akhir dari perjalanan Pingkan dan Sarwono. “Apakah waktu yang akan mempertemukan atau justru memisahkan mereka karena campur tangan takdir” itulah penggalan sinopsis dari buku ketiga sekaligus buku terakhir dari novel trilogi tersebut.

Penyerahan Simbolik Buku Yang Fana Adalah Waktu
Penyerahan Simbolik Buku Yang Fana Adalah Waktu

Peluncuran buku yang dihadiri oleh keluarga, kawan-kawan, para pembaca novel dari Sapardi dan sekaligus Velove Vexia sebagai pemeran Pingkan dalam Novel Trilogi Hujan Bulan Juni yang difilmkan pada 2017, membuat hadirin sangat antusias dengan peluncuran buku ketiga sekaligus buku yang menentukan bagaimana akhir perjalanan cinta dari kedua tokoh yaitu Pingkan dan Sarwono.

“Gagasan novel karya pak Sapardi itu sebenarnya tidak sulit untuk dimengerti. Buku pertama dan kedua pun saya sudah baca. Tinggal bagaimana akhir cerita dari Pingkan dan Sarwono yang buat saya penasaran,” ujar Velove Vexia seusai peluncuran buku. (*)

Sesi Tanya Jawab Sapardi
Sesi Tanya Jawab Sapardi
Konten Terkait:  Selasa , Rabu, Kamis Tidak Baik untuk Mantu

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here