Cerita Makan untuk Peringati Hubungan Jepang-Indonesia Ke-60 Tahun

0
171
karya seni mix media pameran ceritamakan
karya seni mix media pameran ceritamakan

Tahun 2018 adalah tahun peringatan hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang ke-60 tahun. Dalam rangka peringatan tersebut The Japan Foundation menggelar pameran ilustrasi makanan Jepang atau washoku di Jakarta. Penampilan kuliner kali ini bukanlah di atas hidangan meja makan melainkan hasil karya seni ilustrasi makanan bertajuk “Cerita makan”.

“Dalam pameran kali ini kita seperti diajak menikmati bagaimana ilustrator mengembangkan ide kreatif mereka dan pengalaman pribadi mereka saat menyantap hidangan masakan jepang. Oleh mereka, makanan tidak hanya dinikmati dengan penglihatan, penciuman dan pengecapan namun dipindahkan medianya sehingga orang lain hanya dengan melihatnya mampu menikmati makanan tersebut,” kata Tsukamoto Norihisa, Director General Japan Foundation, dalam pembukaan pameran yang digelar pada 19 Februari sampai 2 Maret 2018.

karya Mia Kurnia Sari makanan Jepang media cat air diatas kertas - Baharudin
karya Mia Kurnia Sari makanan Jepang media cat air diatas kertas – Baharudin

Penyuguhan karya ilustrasi makanan Jepang bertema “Cerita makan” memamerkan berbagai ilustrasi karya makanan jepang seperti udon, takoyaki, ramen, shushi dan lain-lain, yang semua ini terkemas dengan apik dalam pameran yang disebut sebagai Japanese Cultural Weeks 2018 itu. Pameran “Cerita makan” kali ini melibatkan seniman Beng Rahardian feat Bidadari Cikini.

karya seni pameran cerita makanan - Baharudin
karya seni pameran cerita makanan – Baharudin

Beng Rahardian menjelaskan dalam pengantarnya bahwa pameran ini merupakan salah satu wujud aspresiasi terhadap kebudayaan. Karena berbicara persoalan makanan bukan hanya bicara soal perut namun merupakan nilai estetika serta bentuk rasa bersyukur kepada alam dan Tuhanya. Dalam konteks urban makanan mencirikan dan menegaskan eksistensi dan citra diri, karena hal tersebut pameran kali ini merupakan apresiasi dalam bentuk visual.

catatan sensai ilustrator atas karya makanan - Baharudin
catatan sensai ilustrator atas karya makanan – Baharudin

Karya yang tersaji memiliki beragam penggambaran, seperti gambar dua dimensi hingga tiga dimensi dengan berbagai bahan dasar menggunakan cat air yang dilukiskan di atas media kertas, hingga mix media, campuran berbagai macam bahan hingga menjadi sebuah karya. Serta di samping karya seni terdapat sebuah catatan tulisan sensasi seniman saat menikmati makanan tersebut menambah kesan menarik. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here