Lapis Legit, Kue Pembawa Rezeki Imlek

0
237
LAPIS LEGIT Sumber Foto httpkulapislegit.blogspot.co.id201707cara-praktis-membuat-lapis-legit-bangka.html
LAPIS LEGIT Sumber Foto httpkulapislegit.blogspot.co.id201707cara-praktis-membuat-lapis-legit-bangka.html

Hari pertama kalender Lunar Cina Tahun Ajing Tanah 2569, jatuh pada tanggal 16 Februari 2018 lalu. Warga keturunan Tionghoa di Indonesia pun merayakannya sebagai hari raya Tahun Baru Imlek. Tradisi pemberian angpao (amplop merah berisi uang dengan angka keberuntungan) dari orang tua kepada anak-anak yang belum menikah merupakan momen yang paling ditunggu. Selain itu, tersedianya makanan wajib di meja tamu seperti kue lapis legit, kue keranjang, jeruk mandarin, kuaci, permen serta manisan. Diantara yang disebutkan, bagi peranakan Tionghoa di Indonesia, Lapis Legit menjadi salah satu hidangan spesial Imlek.

Kue Lapis Legit diartikan sebagai lambang rezeki berlapis-lapis sepanjang tahun yang baru, sehingga dapat merasakan hidup yang lebih manis atau legit. “Kue ini bermakna kekayaan dan berkat yang datang diharapkan berlapis-lapis di tahun baru ini,” kata Lanny Waty (61), pembuat kue Lapis Legit asal Pangkal Pinang, Bangka.

Pembuat lapis legit sejak tahun 1983 ini, menjelaskan kepada Tembi, bahwa awal mulanya lapis legit berasal dari resep bolu punya Belanda yang telah dikombinasikan dengan rempah-rempah asli Indonesia oleh warga Tionghoa di Indonesia ketika masih dijajah Belanda. Sejak itu, mereka membuat Lapis Legit dalam perayaan-perayaan besar termasuk Imlek.

Lanny Waty, Pembuat Kue Lapis Legit rumahan sejak 1983 Foto Oleh Marjanti
Lanny Waty, Pembuat Kue Lapis Legit rumahan sejak 1983 Foto Oleh Marjanti

”Mentega Wijsman khas Belanda, gula, telur, tepung terigu dan susu yang dikombinasikan dengan kapulaga, kayu manis, cengkeh, bunga pala ini merupakan bumbu-bumbu utama pada pembuatan Kue Lapis Legit”, kata Lanny. Ia juga menjelaskan, rempah-rempah tersebut pun sekarang mudah didapatkan dan sudah dikemas menjadi satu. “Kalau ke toko bumbu kue, bisa minta bumbu lapis atau spekuk,” kata Lanny.

Lanny bercerita, sekali pembuatan kue Lapis, memakan waktu kurang lebih 6-7 jam. Setelah adonan jadi, tuang sedikit kemudian ratakan ke dalam loyang lalu panggang. Setelah kuning keemasan, keluarkan dari oven dan tuang lagi adonan dengan takaran yang sama ke dalam loyang, kemudian ulangi cara yang sama hingga loyang penuh membentuk banyak lapisan. Dalam membuat setiap lapisannya harus tepat waktu, karena kalau terlambat akan merubah rasa, tekstur dan warna khas kue lapis.

Pengalaman, kecermatan dalam memberikan takaran yang pas dan tekhnik pembuatan yang cukup rumit yang membutuhkan ketelatenan, membuat kue lapis legit menjadi kue “bergengsi”. Harga kue lapis legit pun terbilang cukup tinggi, untuk satu loyangnya berukuran 22cm x22 cmx 7 cm berkisar Rp 500.000-an. Biasanya menjelang hari Imlek, pembuat kue lapis legit kebanjiran order. Termasuk Lanny, meski 2 tahun terakhir, Ia sudah tidak membuat lapis legit lagi karena sakit yang dideritanya. Pesanannya mencapai 50 loyang per minggu, walau hanya pembuat kue lapis legit rumahan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here