Kuliner Unik Penuh Manfaat Sega Gandhul Iwak Kebo

0
294
Sega Gandhul Iwak Kebo sebelum diguyur dengan kuah dan dilengkapi tempe garit-Foto-A.Sartono
Sega Gandhul Iwak Kebo sebelum diguyur dengan kuah dan dilengkapi tempe garit-Foto-A.Sartono

Mengawali bulan Maret 2018 Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya kembali menawarkan promo kuliner yang tidak kalah lezat dan unik dari promo-promo sebelumnya. Semuanya tidak lain dan tidak bukan karena Chef WD Pulo Segaran memang selalu terus berkreasi, berinovasi, dengan berpijak pada nuansa budaya lokal. Untuk bulan Maret ini WD Pulo Segaran menawarkan menu unik yang dinamakan Sega Gandhul Iwak Kebo (Nasi Gandhul Daging Kerbau).

Sega Gandhul Iwak Kebo diolah dengan cara yang sesungguhnya agak sedikit ribet bagi awam. Mula-mula nasi atau sega ditim atau dikukus dulu. Sementara daging kerbau muda dimasak tersendiri dalam bumbu rempah brongkos yang kental dan kuat. Usai itu nasi tim yang pulen yang telah matang dan “menul-menul” dicampur dengan potongan-potongan daging yang telah diolah dalam bumbu brongkos yang sebelumnya telah ditiriskan. Campuran nasi dan daging ini kemudian disusun di atas piring gerabah beralaskan daun pisang. Sebagai pemanis presentasi, disertakan cabai merah topong yang telah dikukus dan telah dibuang isinya.

Untuk menikmati sajian Nasi Gandhul Iwak Kebo ini harus diguyur dulu dengan kuah yang telah disajikan terpisah dalam mangkuk gerabah. Nah, tinggal Anda sendiri yang menentukan, seberapa banyak kuah yang Anda perlukan untuk menyantap sajian ini. Untuk rasanya, jangan ditanya lagi. Boleh percaya boleh tidak, Anda bisa ketagihan olehnya.

Daging kerbau muda yang diolah dengan bumbu brongkos yang kuat ternyata memang sangat lezat di lidah. Lebih-lebih, daging kerbau relatif rendah lemak dibandingkan daging sapi potong. Perpaduannya dengan kuah brongkos yang juga kental plus nasi pulen yang menul-menul akan membuat Anda terlena karena lezatnya.

Untuk menambah kenikmatan Anda bersantap Nasi Gandhul Iwak Kebo ala WD Pulo Segaran, ditambahkan pula dua potong tempe garing goreng. Kenikmatan bersantap menu ini terasa kian lengkap. Bagi Anda yang menyukai sentilan rasa pedas tidak perlu khawatir. Toping menu ini adalah sepotong cabai merah topong yang telah dikukus dan dibuang isinya. Toping ini bisa memenuhi selera rasa pedas Anda. Masih kurang ? Jangan khawatir karena kuah untuk menu ini memang disertakan pula cabai rawit ranum yang menggugah selera. Anda tinggal mengambil dan menggilasnya di sisi piring seberapa pedas dan banyak yang Anda mau. Intinya, Anda tidak pernah akan kecewa dengan menu ini.

Konten Terkait:  Sate Ilat, Menu Baru nan Istimewa
Sega Gandhul Iwak Kebo lengkap dengan tempe garit-Foto-A.Sartono
Sega Gandhul Iwak Kebo lengkap dengan tempe garit-Foto-A.Sartono

Perlu diketahui pula bahwa daging kerbau memiliki khasiat meningkatkan masa otot, sumber energi, sumber gizi ibu hamil, mencegah kanker, menguatkan sistem kekebalan tubuh, sumber nutrisi anak, meningkatkan kecerdasan otak, mencegah dimensia, mencegah kolesterol, mencegah prostat, mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, meredakan peradangan sendi, mengurangi risiko depresi, membantu kesehatan mata. Demikian banyak manfaat daging kerbau dalam menu suguhan WD Pulo Segaran Tembi ini. Untuk sajian Sega Gandhul Iwak yang lezat, nikmat, penuh manfaat ini cukup membayarnya dengan harga Rp 25.000 saja seporsi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here