Perpindahan Mangsa VIII ke Mangsa IX, Cuaca Mulai Cerah

Minggu ini Wuku Kulawu Urutan Ke-28, Periode 25 Februari s/d 3 Maret 2018 atau 8 s/d 14 Jumadilakhir, tahun Dal 1951

0
440
28 Kulawu
28 Kulawu

Pranatamangsa: mulai 3 Februari s/d 28 Februari masuk Mangsa Surya VIII, umurnya 26 hari. Candranya “Anjrah Jroning Kayun”, yang ditandai dengan hujan angin, musim kucing gandhik, padi menghijau, jagung panen. Bayi yang lahir pada mangsa VIII ini mempunyai wajah yang simpatik, wataknya biasa-biasa saja dan kemampuannya sedang-sedang saja. Dilanjutkan Mangsa Surya IX (Kasanga), umurnya 25 hari, mulai 1 s/d 25 Maret 2018. Candranya “Wedharing Wacana Mulya” cuaca mulai cerah, ditandandi dengan padi menguning, panen buah duku, langsat, jeruk. Bayi yang lahir pada Mangsa Kasanga ini grapyak semanak semedulur, ramah bersaudara. Tidak kikir dan pradhah, suka memberi.

Sementara, perhitungan panca suda ini digunakan jika akan bepergian jauh, dengan cara menghitung neptu yaitu menjumlah hari dan pasaran. Setelah ketemu jumlahnya lalu dihitung demikian: suku, watu, gajah, baya, ratu. Jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Legi, 25 Februari 2018, kalender Jawa tanggal 8, bulan Jumadilakhir, tahun Dal 1951, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Legi, 5 + 5 = 10, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratlaut, tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah.

Senin Paing, 26 Februari 2018, kalender Jawa tanggal 9, bulan Jumadilakhir, tahun Dal 1951, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Paing, 4 + 9 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat ala berada. Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah.

Selasa Pon, 27 Februari 2018, kalender Jawa tanggal 10, bulan Jumadilakhir, tahun Dal 1951, tanggal nahas di bulan ini dan hari Bangas Padewan, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Pon, 3 + 7 = 10, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh. Tetapi jangan ke Baratlaut, tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak.

Rabu Wage, 28 Februari 2018, kalender Jawa tanggal 11, bulan Jumadilakhir, tahun Dal 1951,
hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Wage, 7 + 4 = 11, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah.

Kamis Kliwon, 1 Maret 2018, kalender Jawa tanggal 12, bulan Jumadilakhir, tahun Dal 1951, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Kliwon, 8 + 8 = 16, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut ‘DEMANG KANDHUWURAN’ sakit-sakitan.

Jumat Legi, 2 Maret 2018, kalender Jawa tanggal 13, bulan Jumadilakhir, tahun Dal 1951, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Legi, 6 + 5 = 11, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak.

Sabtu Paing, 3 Maret 2018, kalender Jawa tanggal 14, bulan Jumadilakhir, tahun Dal 1951, tanggal nahas di bulan ini dan hari Bangas Padewan, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Paing 9 + 9 = 18, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah.

Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here