Kisah Gila Koruptor Persembahan Agus Noor

0
216
Seluruh Penampil Romantisme dan Kegilaan - Image Dynamics
Seluruh Penampil Romantisme dan Kegilaan - Image Dynamics

Bertempat di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Sabtu, 10 Februari 2018, sastrawan yang dikenal dengan karya-karyanya yang satir, Agus Noor mempersembahkan “romantisme & kegilaan para koruptor”, yang diangkat dari buku kumpulan cerpennya berjudul ‘Lelucon Para Koruptor’ yang rilis pada 2017 .

Menggandeng beberapa tokoh seperti, Butet Kartaredjasa, Inayah Wahid, Sha Ine Febriyanti, Sujiwo Tejo dan lainnya, pementasan ini dipenuhi gelak tawa sepanjang acara. Dengan gaya masing-masing, pelaku seni tersebut membawakan lelucon karya Agus Noor. Tak sekadar lucu penonton juga diajak berpikir akan makna lelucon yang disampaikan.

Butet Kartaradjasa Bermonolog - Image Dynamics
Butet Kartaradjasa Bermonolog – Image Dynamics

Salah satu babak lucu adalah saat pembacaan berita utama penetapan Setya Novanto sebagai tersangka, lantas muncul wujud seekor anjing bergegas naik ke atas pentas, kemudian menabrak tiang listrik. Tentu ‘kejadian’ ini masih membekas dalam ingatan kita semua ketika Setya Novanto mengalami kecelakaan menabrak tiang listrik. Semua penonton pun terbahak.

Penampilan Inayah Wahid - Image Dynamics
Penampilan Inayah Wahid – Image Dynamics

Sha Ine Febriyanti kemudian tampil membacakan puisi, bergantian dengan Butet yang bermonolog membacakan cerpen ‘Saksi Mata’. Ia bermonolog sambil berinteraksi dengan penonton, ada juga penampilan putri mendiang Presiden Abdurrahman Wahid, Inayah Wahid, yang bermonolog, serta Sujiwo Tejo yang tak kalah lucu.

Agus Noor Membaca Puisi - Image Dynamics
Agus Noor Membaca Puisi – Image Dynamics

Menutup pementasan, Agus Noor naik ke atas panggung untuk membaca puisi bersama Vika Aditya diiringi permainan gitar Bagustian Iskandar. “Ini hari yang indah untuk kalian, karena saya jarang sekali tampil membaca puisi,” ungkapnya sebelum memulai.

“Saya berharap pertunjukan hari ini mampu memberikan cara pandang baru bagi penonton dalam memandang koruptor dengan kisah-kisah perilaku mereka yang ganjil dan penuh dengan kelucuan yang menggetarkan akal sehat yang menyaksikan. Di tengah candaan atau lelucon yang dibawakan di atas panggung, saya bisa menyampaikan hal-hal serius dengan cara santai,” tambah Agus Noor.

Konten Terkait:  Octo Cornelius Menyikapi Keacakan Hidup
Sujiwo Tejo - Image Dynamics
Sujiwo Tejo – Image Dynamics

Pementasan ini, yang digarap oleh Kayan Production & Communications bersama Galeri Indonesia Kaya, juga dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca dan memajukan literasi di Indonesia. Menurut Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, pementasan ini menggambarkan sisi lain dari Agus Noor yang dikenal dengan gaya satirnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here