‘Hai Aku’ Noorca Dibacakan dan Dilagukan

0
222
Noorca M. Massardi Membaca Puisi di Tembi Rumah Budaya
Noorca M. Massardi Membaca Puisi di Tembi Rumah Budaya

Puisi-puisi Noorca M Massardi yang diterbitkan dengan judul ‘Hai Aku” tidak hanya dibacakan oleh penyairnya, tetapi juga digubah menjadi lagu, di antaranya oleh Ade Tanesia dan Thole serta Oet Soeket. Noorca membacakan beberapa puisi karyanya dan Ade mengalunkan satu lagu puisi. Sedangkan Oet Suket bersama Kelompok Musik Paris 14 mengalunkan tiga lagu puisi di Sastra Bulan Purnama, Jumat 2 Februari 2018 di pendapa Tembi Rumah Budaya, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Yogya beberapa hari belakangan, bahkan sudah lebih dari satu minggu diguyur hujan deras disertai angin. Kondisi ini mengawatirkan, setidaknya bagi Noorca, yang menyempatkan diri datang dari Jakarta untuk membacakan puisi di Sastra Bulan Purnama edisi ke-77.

“Mas Ons, belakangan Yogya hujan terus, apakah acara saya nanti ada yang datang kalau hujan tidak berhenti?” tulis Noorca melalui pesan di WA.

Tentu, kekhawatiran Noorca bisa dimengerti, karena memang hujan terus mengguyur seluruh Yogya. “Sastra Bulan Purnama sudah ada komunitasnya mas, selama ini meski hujan selalu ada yang datang,” jawaban ini tentu memberi ketenangan bagi Noorca.

Ternyata ketika Sastra Bulan Purnama diselenggarakan di pendapa, hujan tidak turun sampai akhir acara. Padahal, sore hari sekitar pukul 16.00 langit sudah mulai gelap. Wajar ada kekhawatiran hujan akan turun, namun ternyata sampai acara selesai langit cerah dan rembulan tampak bersinar.

Ade Tansia mleagukan puisi Noorca diiringi petikan gitar Thole
Ade Tansia mleagukan puisi Noorca diiringi petikan gitar Thole

Sastra Bulan Purnama edisi ini dibagi dalam empat segmen. Segmen pertama, menampilkan para pembaca puisi tamu, yang membacakan puisi karya Noorca M Massardi. Segmen kedua menampilkan pembacaan penggalan novel karya Jodhi Yudono, yang dibacakan oleh Yangjankrik nama lain dari Yantoro, dan Jodhi Yudono sendiri membaca bersama Fuska, seorang wartawan perempuan dari Yogya. Segmen ketiga pembacaan cerpen karya Ryani M Massardi dan segmen empat pembacan puisi karya Noorca Massardi.

Konten Terkait:  Nyanyian Angsa Versi Jawa oleh Komunitas Sekar Setaman

Selain dibacakan, puisi Noorca dibuat menjadi lagu oleh Ade Tanesia dengan iringan gitar oleh Thole. Keduanya berkolaborasi menafsirkan puisi Noorca yang ditulis dalam bentuk haiku, sehingga tidak ada judulnya.

“Aku sudah bilang pada mas Ons tidak bisa membaca puisi, tetapi kalau diperbolehkan melagukan puisi seperti yang akan saya tampilkan ini,” kata Ade Tanesia.

Ade, demikian panggilannya, memang memilih tidak membaca puisi, karena dia merasa tidak bisa membaca puisi, namun akan terasa pas apabila puisi tersebut dilagukan. Maka, satu puisi Noorca dia buat lagu bersama dengan Thole, dan hasilnya terasa enak didengar. Ade memang oye melagukan puisi, apalagi mempunyai patner Thole, lagunya tambah terasa dinamis.

Noorca M Massardi membaca dua puisi masing-masing berjudul ‘Hai Aku’ dan ‘Bangka’. Mungkin karena mengenali karakter puisinya, sehingga puisinya terasa hidup dibacakan oleh penyairnya sendiri.

Puisi Noorca yang lain, berjudul ‘Kuasa Buta’ ditafasirkan oleh Nunung berkolaborasi dengan Tyas dan Christianya. Nunung menari, merespon penampilan Christian dan Tyas, sehingga puisi yang ditafsirkan menjadi terasa dinamis.

Oet Suket mengalunkan tiga puisi karya Noorca. Satu lagu puisi dia alunkan dengan petikan gitar dan dua lagu lainnya dimainkan bersama kelompok Paris 14. Satu Kelompok musik yang dibuat secara mendadak saat bertemu dan sama-sama memainkan alat musik masing-masing ternyata cocok.

Noorca M. Massardi membaca puisi diiringi musik
Noorca M. Massardi membaca puisi diiringi musik

“Kelompok musik ini baru saja dibuat, ketika kita saling kenal siang tadi di Tembi, dan ketika bersama main musik kok cocok. Lalu kita buat group secara bersama dan diberi nama Paris 14 untuk merespon puisi Noorca malam ini,” ujar Oet Suket mengawali pertunjukannya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here