Bakso Tumpeng, Varian Baru Kuliner Bakso dari Bantul

0
716
Penampilan Bakso Tumpeng dan Segelas Jeruk Panas dari Warung Mbanyu Mili-Foto-A.Sartono
Penampilan Bakso Tumpeng dan Segelas Jeruk Panas dari Warung Mbanyu Mili-Foto-A.Sartono

Ada banyak restoran atau warung makan yang khusus menyajikan kuliner bakso. Mulai bakso biasa (konvensional) sampai dengan bakso dengan berbagai model/bentuk, nama, dan varian isian yang berbeda satu dengan yang lain. Salah satunya adalah Bakso Tumpeng, yang beralamatkan di Dusun Singosaren, Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY. Lokasi ini dapat dijangkau melalui Jl Imogiri Timur-Jembatan Karangsemut-maju lagi (ke selatan) sekitar 80 meter, setelah itu lihat kanan (barat) jalan terdapat sebuah gang dengan papan petunjuk Bakso Tumpeng. Ikuti gang tersebut sampai lokasi yang jaraknya juga sekitar 80 meter dari jalan raya Imogiri Timur.

Warung makan yang menyajikan menu khas Bakso Tumpeng ini dinamakan Lesehan Mbanyu Mili, mungkin karena letaknya yang tidak jauh dari aliran Sungai Opak atau nama itu memang simbolik dan mengandung harapan, agar rezeki yang didapatkan mbanyu mili (mengalir tiada pernah berhenti). Tampaknya keduanya memang terpenuhi dalam nama itu, yakni dekat aliran sungai sekaligus dagangannya memang tidak pernah sepi pembeli.

Eko Supriyanto tengah menyiapkan Bakso Tumpeng untuk konsumennya-Foto-A.Sartono
Eko Supriyanto tengah menyiapkan Bakso Tumpeng untuk konsumennya-Foto-A.Sartono

Eko Supriyanto selaku pengelola Warung Lesehan Mbanyu Mili memulai usaha Bakso Tumpengnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, Juni, 2017. Jadi, belum ada setahun. Namun konsumen baksonya bisa dikatakan benar-benar mbanyu mili. Tidak ada putus-putusnya orang datang untuk menikmati Bakso Tumpeng ini. Tembi sendiri yang datang di atas pukul 13.00 WIB sudah kehabisan Bakso Tumpeng ukuran L dan M. Jadi, tinggal yang berukusan S saja.

Demikianlah Bakso Tumpeng ini memang menyajikan pilihan ukuran Bakso Tumpengnya seperti baju, yakni ada L,M, dan S. Selain itu, warung milik Eko Supriyanto ini juga menawarkan bakso dalam bentuk lain yakni Bakso Burger, yang terdiri dari beberapa jenis, yakni Bakso Burger Lapis 2, 3, dan 4. Ada pula mie ayam dengan berbagai variannya, termasuk Mie Ayam Goreng Bakso Tumpeng.

Konten Terkait:  Studi Banding Disbudpar Kabupaten Lumajang

Eko mengaku memang suka mencoba-coba atau mengkreasi olahan baksonya sebab ia merasa bahwa tentu orang menginginkan variasi atau sesuatu yang baru, termasuk dalam hal kuliner bakso. Ia juga tidak tahu persis dari mana ide atau gagasan tentang Bakso Tumpeng dan Bakso Burger itu muncul. Ia hanya merasa bahwa sebelum lebaran itu gagasan itu muncul begitu saja.

Penampakan isi Bakso Tumpeng ketika dipecahkan-Foto-A.Sartono
Penampakan isi Bakso Tumpeng ketika dipecahkan-Foto-A.Sartono

Bakso Tumpeng memang baksonya berbentuk seperti tumpeng atau gunungan. Bakso Tumpeng ukuran S yang dinikmati Tembi saja sudah cukup memenuhi keluasan bidang mangkoknya. Tembi tidak bisa membayangkan bagaimana jika Bakso Tumpeng tersebut berukuran L. Bakso Tumpeng ini jika dibuka atau dipotong-potong di dalamnya berisi satu butir telur ayam. Jadi kombinasi bakso dan telur. Bagi yang kapasitas perutnya relatif kecil atau sedang sebaiknya memesan ukuran S atau M saja. Sebab bagi Tembi Bakso Tumpeng ukuran S saja sudah cukup mengenyangkan.

Warung Mbanyu Mili dengan Bakso Tumpeng dan Burgernya-Foto-A.Sartono
Warung Mbanyu Mili dengan Bakso Tumpeng dan Burgernya-Foto-A.Sartono

Bakso Tumpeng dan Bakso Burger memang merupakan bentuk kreativitas olahan bakso terutama dalam hal presentasinya. Cita rasa Bakso Tumpeng tidak terlampau berbeda jauh dengan bakso-bakso lainnya. Isi Bakso Tumpeng di antaranya adalah irisan tahu pong, mie kuning, cai sim (sawi hijau), irisan seledri, serta taburan bawang merah goreng. Bagi Anda yang hendak mencicipi Bakso Tumpeng mohon perhatikan jam-jam ramai, yakni pada jam makan siang. Supaya Anda tidak lama mengantri dan berdesakan duduk di warung ini sebaiknya ambil jam di luar jam tersebut. (*)

PETA LOKASI:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here