Ufa Sofura, Tiada Pernah Berhenti Belajar

0
40
Ufa Sofura. Foto: Imaged Dynamics
Ufa Sofura. Foto: Imaged Dynamics

Nama Ufa Sofura sebagai penari muda berbakat sudah sangat dikenal. Ia sudah berkeliling dunia untuk mengasah bakat menarinya, antara lain Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang. Saat ini Ufa memiliki ratusan murid, meski begitu ia tak lantas berpuas diri, baginya menambah ilmu baru itu harus, apalagi dunia tari terus berkembang.

Menggeluti dunia tari sejak usia 17 tahun, Ufa juga menjadi bagian dari Putra Putri Batik Nusantara. Tak terhitung sudah berapa program dalam bidang tari sudah ia jelajahi, antara lain teater musikal, menari di beberapa konser seperti Afgan, B3 tentu tak lupa ia mengajarkan gerakan-gerakan tari Indonesia pada penari lain dari berbagai belahan dunia.

Tarian Delapan Ketukan. Foto: Imaged Dynamics
Tarian Delapan Ketukan. Foto: Imaged Dynamics

Beberapa waktu lalu, bertempat di Galeri Indonesia Kaya, Ufa menampilkan pertunjukan yang menghibur sekaligus mengedukasi penikmat seni dalam pagelaran bertajuk ‘Delapan Hitungan’. Dalam acara ini ia mengeksplorasi karya tari dengan konsep hitungan dan irama delapan ketukan. Kerangka 8 hitungan ini diwujudkan sebagai fondasi hubungan antartubuh para penari di panggung, walaupun dalam visualnya tubuh-tubuh tersebut menghasilkan karakter serta bentuk yang berbeda.

Tarian Untuk Semua. Foto: Imaged Dynamics
Tarian Untuk Semua. Foto: Imaged Dynamics

Bagi penggemar Justin Timberlake ini, sebagai seorang koreografer dan guru tari penting baginya untuk memahami bentuk serta karakter tubuh seorang penari. “Dari observasi itulah, saya mendapatkan banyak wawasan mengenai anatomi tubuh seorang penari dan kemudian menjadi jalan bagi saya untuk membuka percakapan di dalam studio melalui rangkaian gerak yang tercipta,” tutur Ufa.

“Semoga penampilan saya hari ini juga dapat memberikan wawasan baru dan bermanfaat bagi para penikmat seni dan penari-penari muda berbakat yang ada di Indonesia,” ujar Ufa.

Ufa Sofura Ajarkan Koreografi. Foto: Imaged Dynamics
Ufa Sofura Ajarkan Koreografi. Foto: Imaged Dynamics

Seruan terus belajar dan mengembangkan diri akan tetap dikatakan Ufa di mana pun ia berada, karena jika sudah menjadi pengajar tari, bukan berarti berhenti belajar. “Dengan terus belajar dan mengembangkan diri, saya yakin akan membuat taraf dunia seni di Indonesia semakin tinggi. Kita bisa melihat penari yang idealis selalu dapat kesempatan ke luar negeri untuk belajar. Ya memang mesti demikian, belajar dulu, kemudian kembali, selanjutnya belajar lagi, dan seterusnya.,” kata Ufa Sofura. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR