Pindang Sapi Kuning dan Es Naskopi yang Tidak Biasa

0
72

Pada bulan November 2017 ini Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Bantul menyuguhkan menu dengan bahan iga sapi, yang dikreasi secara khas, yang tidak bisa didapatklan di tempat lain. Semua itu tidak lain karena kreativitas yang kaya dari chef atau ahli masak yang dimiliki WD Pulo Segaran. Menu tersebut dinamakan Pindang Iga Kuning. Ini menu iga dengan rempah-rempah yang sarat manfaat bagi kesehatan. Tidak kurang dari enam jenis rempah yang diramu untuk dapat menyuguhkan menu iga yang rasanya luar biasa ini.

Menu itu dinamakan Pindang Iga Kuning karena tampilan kuahnya memang berwarna cokelat kekuningan. Warna itu berasal dari ramuan rempah berupa kunyit segar yang menjadi salah satu unsur pembentuk rasa dan warna yang alamiah. Presentasi yang cantik dari menu ini segera mengundang selera untuk menyantapnya. Perpaduan rempah lokal yang segar yang menguarkan aroma harum khas rempah serasa tak dapat menahan hasrat untuk mencicipnya.

Iga pilihan yang diolah sedemikian rupa sehingga empuk dan mudah dikelupas dari rekatan pada tulangnya menjadikan penyuka daging Iga akan dapat dengan segera menikmatinya tanpa menemui kesulitan yang berarti. Bumbu yang meresap kuat pada setiap serat daging sapi pada iga ini sungguh menyuguhkan tawaran kenikmatan menyantap iga yang sulit dicari padanannya.

Bagi penyuka pedas, Pindang Iga Kuning ala WD Pulo Segaran ini juga menyertakan cabai merah segar yang selain sebagi pemanis presentasi juga dapat dilembutkan untuk memberikan efek pedas. Kuah segar beraroma kaya rempah, bumbu yang lengkap dan pelengkap rasa sedikit asam dari efek belimbing wuluh menjadikan Pindang Iga Kuning sangat patut dicoba. Untuk menu senikmat ini Anda cukup membayarnya Rp47.800 saja. Sebuah harga yang pantas untuk sebuah kenikmatan daging Iga yang tidak ditemukan di tempat lain.

Selain menu tersebut, WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya pada bulan November 2017 ini juga mempromosikan menu minuman baru yang dinamakan Es Naskopi. Apa pula itu? Tidak lain adalah minuman dingin yang dibuat dari bahan dasar kopi dan nanas. Mungkin terlihat dan terdengar aneh. Akan tetapi, tunggu dulu, di lidah terasa nikmat. Rasa manis sedikit asam dari nanas dipadu kopi dan sentuhan bahan lain menjadikan minuman ini menyuguhkan rasa yang sangat variatif. Artinya, tidak biasa dan tidak bisa kita dapatkan di tempat lain.

Es Naskopi ala WD Pulo Segaran sebuah menu minuman hasil kreasi dan inovasi tiada henti. Foto: A. Sartono
Es Naskopi ala WD Pulo Segaran sebuah menu minuman hasil kreasi dan inovasi tiada henti. Foto: A. Sartono

Es Naskopi memang memadukan dua bahan utama yang terasa berbeda dan bahkan tidak umum. Namum ternyata nanas dan kopi bisa akur di dalam satu gelas. Akur aromanya, akur rasanya, akur tampilannya. Rasa nanas yang manis, sedikit asam dan segar ternyata bisa menyatu dengan rasa kopi yang cenderung agak pahit, sepat, dan “berat”. Aroma keduanya pun menyuguhkan kekhasan “kawinan” kopi dan nanas. Sentuhan pemanis berupa gula murni pada minuman ini menghasilkan suguhan es yang memang yahud. Untuk menu minuman Es Naskopi ini Anda hanya diminta untuk membayarnya sebesar Rp8.100 saja. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR