Seluk-beluk Menatah dan Menyungging Wayang Kulit

0
762

Kata menatah berasal dari bahasa Jawa yang sudah menjadi bahasa Indonesia yang artinya sama dengan memahat. Menyungging berasal dari kata sungging artinya lukisan (hiasan) dengan cat. Jadi menyungging berarti melukis atau memberi hiasan dengan cat. Dalam bahasa Jawa kata nyungging juga mengandung arti menurun (menyalin) gambar atau tulisan dengan teliti dan tepat.

Seni menatah dan menyungging kulit sudah dikenal oleh masyarakat Jawa sejak lama. Salah satu hasilnya adalah tatahan dan sunggingan wayang kulit. Menatah dan menyungging wayang kulit memerlukan waktu yang lama, di samping itu diperlukan ketelitian, ketelatenan dan kejelian karena cukup rumit.

Untuk penatahan ada bermacam-macam jenis tatahan, dalam buku ini disebutkan ada 13 jenis. Selain itu ada istilah membedah, yaitu menatah bagian muka (hidung, mulut dan mata). Demikian pula dalam menyungging, memerlukan beberapa tahap, dari warna dasar sampai warna terakhir. Penatah dan penyungging yang mumpuni akan menghasilkan wayang kulit yang bagus dan berkualitas serta terkesan “hidup”.

Buku yang membahas seni dan teknik menatah dan menyungging wayang kulit ini aslinya berhuruf dan berbahasa Jawa. Penulisnya Sukir, diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1935. Alih aksara disertai bahasa ini bertujuan agar mereka yang tidak paham bahasa dan huruf Jawa tidak mengalami kesulitan ketika mempelajarinya.

Natah & Nyungging Wayang Kulit
Natah & Nyungging Wayang Kulit

Buku ini secara detail memuat pedoman tentang tahap-tahap penatahan dan penyunggingan wayang kulit, bahan (pewarna/cat) untuk menyungging, cara mencampur warna dan perekat. Termasuk bagian yang perlu mendapat perhatian khusus agar hasilnya benar-benar bagus. Memuat pula tentang cara-cara penyimpanan wayang kulit agar awet dan tidak melengkung.

Judul : Bab Natah Sarta Nyungging Ringgit Wacucal
Penulis : Sukir, Kamajaya
Penerbit : Depdikbud, 1980, Jakarta
Bahasa : Indonesia dan Jawa Jumlah
Halaman : 135

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here