Ayam Pandan dan Es Timar nan Menyehatkan

0
22
Ayam Pandan plus nasi putih yang menggugah selera dari WD Pulo Segaran-Foto-A.Sartono
Ayam Pandan plus nasi putih yang menggugah selera dari WD Pulo Segaran-Foto-A.Sartono

Daging ayam memang merupakan bahan olahan yang bisa dikatakan paling luwes untuk diolah menjadi menu yang sangat variatif. Hal itu pulalah yang dilakukan Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Di tangan chef berpengalaman WD Pulo Segaran daging ayam ini menjadi kreasi suguhan yang dinamakan Ayam Pandan.

Ayam Pandan merupakan daging ayam muda yang terpilih kualitasnya yang cara mengolahnya harus dibaluri bumbu rempah terlebih dulu untuk kemudian didiamkan di dalam freezer selama 6 jam. Hal itu dilakukan agar bumbu rempah benar-benar meresap ke dalam setiap serat daging ayam. Detail dan rincian bumbu rempah yang digunakan untuk mengolah daging ayam ini memang menjadi rahasia dapur WD Pulo Segaran, namun setidaknya ketumbar menjadi salah satu rempah yang dominan.

Usai itu daging ayam kemudian dibebat dengan daun pandan yang harum alamiah dan digoreng dalam minyak goreng pilihan dengan suhu tinggi. Hasilnya, daging ayam tersebut tidak saja tampil secara cantik dan memikat, namun rasanya benar-benar nikmat. Bumbu yang meresap kaya rempah berpadu dengan aroma daun pandan yang harum menghasilkan paduan aroma yang sangat menggugah selera.

Daging ayam yang matang dan tidak over cook menghasilkan tekstur daging ayam yang tidak lonyot atau moprol, namun tetap sangat lunak dan mengesankan kekenyalan khas daging ayam kaya aroma dan rasa. Hal ini semakin klop dengan kelengkapannya yang berupa sambal bawang mentah yang demikian segar dan rasa pedas yang cukup menyengat. Ayam Pandan ini ditawarkan dengan harga Rp 21.600 per porsi. Harga yang sangat bersahabat untuk sebuah olahan daging ayam yang kreatif dan lezat.

Anda dapat melengkapi kenikmatan bersantap Ayam Pandan ini dengan segelas Es Timar, yakni es mentimun yang diblender dan dioplos dengan buah markisa segar. Perpaduan kedua bahan ini menghasilkan rasa dan tampilan yang saling melengkapi. Mentimun yang sedikit ada sentuhan aroma langu lenyap dalam kebersamaannya dengan markisa yang wangi lembut sekaligus berasa sedikit asam. Sentuhan gula murni di dalamnya sedikit menetralkan keasaman rasa buah markisa.

Es Timar yang sehat segar dan kaya manfaat-Foto-A.Sartono
Es Timar yang sehat segar dan kaya manfaat-Foto-A.Sartono

Perpaduan buah mentimun dan markisa ini kaya manfaat. Mentimun berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus memberikan efek adem di badan. Sedangkan markisa di samping kaya serat juga antioksidan. Selain itu markisa juga meringankan penderita asma, insomnia, memberikan efek relaksasi, mengatasi alergi, meringankan batuk, menurunkan kadar kolesterol, membuat wajah bercahaya, melancarkan peredaran darah, dan lain-lain. Minuman segar kaya manfaat ini pun ditawarkan dengan harga yang rendah, cukup dengan Rp 8.100 saja untuk satu gelas.

Anda dapat menikmati semuanya itu di WD Pulo Segaran dengan suasana desa yang tenang dan alami dengan nuansa yang kental dengan budaya lokal. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR