Mahasiswa UAD Observasi Kegiatan Seni Budaya

0
138

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan rutin seni budaya di Tembi Rumah Budaya juga menarik minat mahasiswa berkaitan dengan tugas mata kuliah. Setiap minggu ada beragam kegiatan tetap di Tembi, antara lain latihan karawitan karyawan, latihan tari, kursus MC Jawa, demo menatah topeng kayu, demo melukis wayang, dan demo menatah wayang kulit.

Kali ini mahasiswa Program Sudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan ((FKIP UAD) melakukan observasi terkait mata kuliah Seni Budaya dan Keterampilan. Sekitar 82 mahasiswa yang dibagi dalam beberapa kelompok berkunjung pada rentang waktu tanggal 19 September sampai dengan 29 September 2017.

Mereka serius mengamati dan banyak mengajukan pertanyaan kepada narasumber di Tembi. Kegiatan yang mereka observasi antara lain karawitan dan menatah topeng kayu. Dalam hari berbeda, penjelasan verbal disampaikan oleh pak Herjaka dan pak Suwandi mengenai pengenalan instrumen gamelan, musik karawitan, tembang, dan sebagainya. Setelah itu sebagian mahasiswa ikut berlatih karawitan yang dipandu Ki Bagong Margiyono. Sedangkan pak Warsana, yang setiap Selasa melakukan demo membuat topeng kayu, menjelaskan tentang bahan dan cara pembuatan topeng kayu, serta kisah Panji yang mendasari ragam karakter topeng.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR