Pelajar Global Jaya Membatik, Memainkan Gamelan, dan Bertani

0
78

Rabu pagi, 13 September 2017 Tembi Rumah Budaya Yogyakarta ramai dikunjungi oleh para wisatawan Nusantara. Kali ini yang berkunjung adalah para pelajar SMP Global Jaya International School Jakarta. Mereka berjumlah 78 siswa kelas VII yang didampingi oleh beberapa guru. Pagi itu, wisata budaya diisi dengan pengalaman bercocok tanam, yaitu membajak sawah dan menanam padi. Mereka kelihatan sangat senang dan menikmati suasana di pagi itu.

Usai bercocok tanam, para pelajar istirahat sejenak sambil membersihkan diri sehabis kena lumpur sawah. Kegiatan berikutnya adalah membatik, melukis topeng dan belajar gamelan Jawa. Mereka dibagi menjadi 8 kelompok dan melakukan kegita kegiatan secara bergantian. Ketika belajar membatik, mereka diperkenalkan dengan motif-motif batik, cara membatik hingga memberi warna pada kain batik. Setelah selesai, batik boleh dibawa pulang untuk kenang-kenangan.

Ketiga kegiatan tersebut berlangsung hingga sore hari. Di sela-selanya diisi makan siang. Tembi Rumah Budaya menyajikan sajian makanan tradisional khas Tembi yang bersumber dari naskah Serat Centhini. Usai berkegiatan budaya, mereka berpamitan dan kembali ke hotel. Umumnya mereka merasa puas dengan pelayanan di Tembi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR