20 Lagu Anak Baru dari Dendang Kencana 2017

0
212
Dian HP Salah Satu Juri Dendang Kencana 2017 Foto Lucy Nuranto
Dian HP Salah Satu Juri Dendang Kencana 2017 Foto Lucy Nuranto

Gerakan ‘Lagu untuk Anakku’ sedang digaungkan oleh Kompas Gramedia ke seluruh penjuru Negri agar orang tua dan guru bersama-sama peduli, rangkaian lomba cipta lagu serta workshop cipta lagu yang berlangsung di lima kota, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Bali yang berjalan sejak beberapa waktu silam sudah membuahkan hasil yang sangat positif.

Panitia ‘Dendang Kencana’ menerima partisipasi dari 351 guru yang berasal dari 22 provinsi di Indonesia dengan 669 judul lagu, kategori TK ada 304 lagu dan kategori SD 365 lagu. Tentu hasil ini sangat memuaskan, artinya antusiasme peserta sangat besar. Salah satu juri lomba cipta lagu, Dian HP mengaku sangat terkejut saat mengetahui berapa banyak karya yang masuk.

“Lihat jumlahnya saya kaget banget, hampir 700 judul lagu yang masuk, temanya berbeda-beda, ada tema alam, binatang, buah-buahan, tema memang sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang tepat sesuai usia mreka, dan kesimpulannya masih ada harapan besar untuk lagu anak-anak Indonesia,” papar Dian.

Bernyanyi Mewakili Lagu Kategori SD Foto Lucy Nuranto
Bernyanyi Mewakili Lagu Kategori SD Foto Lucy Nuranto

Kriteria penilaian mencakup keharmonisan tema lagu, lirik, struktur lagu dan melodi. Dendang Kencana 2017 memilih 10 karya lagu sebagai pemenang untuk setiap kategori. Untuk kategori TK, ke-10 lagu tersebut ialah “Indonesiaku”, “Pagiku”, “Aku Anak Mandiri”, Kanan dan Kiri”, “Terima Kasih Ayah Ibu”, “Sepatuku”, “Wortel dan Bayam,” “Bersepeda, “Kerlip Bintang”, dan “Tirukan Gerak Hewan”.

Sementara itu, untuk kategori SD, ada “Aku Cinta Indonesia”, “Ayo Hemat”, “Tubuhku Sehat”, “Yuk Kita Makan”, “Danau”, “Wahai Guru”, “Hai Lebah”, “Aku Bisa”, “Bersyukur”, dan “Aku Suka Membaca”. Semua pemenang mendapatkan trofi, uang sebesar Rp 10.000.000, serta bingkisan. Ke-20 lagu ini hak ciptanya dilindungi.

Widi Krastawan, Corporate Comunications Kompas Gramedia di Anugrah Dendang Kencana 2017 Foto Lucy Nuranto
Widi Krastawan, Corporate Comunications Kompas Gramedia di Anugrah Dendang Kencana 2017 Foto Lucy Nuranto

Sudah sepatutnya anak-anak tumbuh dengan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka, namun tak bisa dipungkiri jaman sudah berubah, sejak di dalam kandungan beberapa anak sudah diperdengarkan lagu jazz, dan lain-lain, pencipta lagu harus lebih pintar dan memerlukan riset mendalam untuk mencipta lagu anak agar lebih mudah diterima.

Tak hanya berhenti di situ, Kompas Gramedia akan melanjutkan kegiatan ini dengan menggelar workshop mengenai pembentukan paduan suara bagi siswa TK dan SD, acara bakal digelar di empat kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Selanjutnya, pada Oktober-November 2017, dilakukan lomba paduan suara siswa TK dan SD di kota-kota tersebut. (*)

Dari Sanggar Vokal Membawakan Lagu-lagu Pemenang Dendang Kencana 2017 Foto Lucy Nuranto
Dari Sanggar Vokal Membawakan Lagu-lagu Pemenang Dendang Kencana 2017 Foto Lucy Nuranto

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR