Perpaduan Rujak Gurami dan Wedang Teh Godhong Jeruk Sereh

0
131
Rujak Gurami WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A. Sartono
Rujak Gurami WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A. Sartono

Mengkreasi menu makanan dan minuman sebenarnya sama dengan berkreasi seni. Keduanya membutuhkan kecerdasan, kreativitas, kegelisahan untuk menemukan serta menghadirkan sesuatu yang baru dan berbeda, penguasaan material, penguasan referensi pengetahuan bidang masing-masing, dan sensitivitas seni yang tajam. Hal-hal itulah yang juga dilakukan oleh chef Warung Dahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya.

Untuk bulan Agustus 2017 ini WD Pulo Segaran Tembi menawarkan menu baru hasil kreasi chef yang sangat kreatif dan berpengalaman, yakni Rujak Gurami. Mungkin nama menunya memang agak membuat dahi berkernyit, ikan gurami dirujak ? Ya. Anda tidak salah baca atau salah dengar. Konsep Rujak Gurami memang kreasi olahan daging ikan gurami yang dipadu dengan aneka macam buah segar dengan aneka macam rasa buah. Benar-benar mirip sekali dengan rujak. Hanya saja rujak di sini dipadukan dengan daging gurami yang sudah difillet.

Pengolahan daging ikan gurami pilihan di WD Pulo Segaran dilakukan dengan sangat cermat dan hati-hati. Benar-benar seperti seorang seniman dalam memperlakukan karyanya. Fillet ikan gurami segar sebelum disajikan menjadi Rujak Gurami diolah/digoreng dulu dengan bumbu-bumbu antara lain garam, telur, dan lada. Usai itu ketika daging sudah mulai mendingin baru dicampur dengan aneka irisan buah segar mulai dari mangga muda, nanas, kedondong, jambu air, mentimun, bengkoang dan lain-lain serta sambal kacang.

Lalu, bagaimana soal taste atau rasanya? Jangan ditanya lagi. Nano-nano banget, namun kompak dan padu. Semua itu tidak akan terjadi jika takaran dan persentase antarbumbu dan antarunsurnya tidak seimbang sehingga menjadi demikian harmonis dan selaras. Bumbu-bumbu dari menu Rujak Gurami antara lain terdiri dari kacang, cabai, kencur, garam, asam jawa, gula jawa, terasi, minyak wijen, dan lain-lain. Semua bumbu dipadukan sehingga mampu menjadi ikatan yang melezatkan semua unsur bahan dalam keharmonisan.

Menu Rujak Gurami yang sangat menggoda selera hasil kreasi WD Pulo Segaran ini ditawarkan dengan harga Rp 34.200. Sebuah harga yang sangat bersahabat untuk hidangan yang sangat kreatif dan penuh citarasa. Satu porsi Rujak Gurami mencukupi untuk disantap oleh 4 orang. Hemat dan murah kan?

Wedang Teh Sereh Jeruk kreasi baru dari WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono
Wedang Teh Sereh Jeruk kreasi baru dari WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono

Anda juga bisa melengkapi hidangan Rujak Gurami yang dipromokan di bulan Agustus 2017 dengan minuman yang dinamakan Wedang Teh Godhong Jeruk Sereh. Wedang ini juga merupakan buah gagasan kreatif penuh manfaat dari chef WD Pulo Segaran. Wedang ini demikian kaya aroma. Sereh, daun teh, dan daun jeruk purut yang diracik demikian cantik dengan paduan aroma yang kuat mengundang selera untuk segera menghirupnya. Sentuhan gula batu pada minuman jenis ini juga memberikan rasa manis yang lebih mengasyikkan dalam paduan dengan aromanya racikannya yang khas.

Wedang Teh Godhong Jeruk Sereh ini juga dipercaya berkhasiat menghilangkan rasa lelah dan pegal linu. Jika pun Anda menghendaki minuman dalam kondisi dingin, Anda bisa menambahkan es di dalamnya. Wedang Teh Jeruk Sereh ini ditawarkan dengan harga Rp 7.200.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR