Memasuki Masa Surya I, Datang Musim Kemarau

Siklus Wuku Wuye, wuku urutan 22 Periode 18 s/d 24 Juni 2017

0
163

Pranatamangsa: mulai 12 Mei sampai 21 Juni 2017, memasuki masa Surya XII atau mangsa Saddha usianya 41 hari. Candranya Tirta Sah Saka Sasana, artinya musim dingin, sehabis panen. Bayi yang lahir wataknya welas asih, berkemampuan sedang-sedang saja.

Dilanjutkan ke masa Surya I (Kasa) mulai 22 Juni s/d 1 Agustus usianya 41 hari. Candranya: “Sotya Murca ing Embanan” artinya mata cincin (intan) hilang dari cincinnya, datangnya musim kemarau yang ditandai dengan daun-daun rontok. Para petani mulai menanam palawija. Kecuali daerah-daerah yang dilalui aliran sungai, tetap menanam padi. Bayi yang lahir pada Mangsa I ini, cantik, rupawan, cerdas tetapi keras dan tidak sabaran.

Sementara itu, perhitungan panca suda digunakan jika akan bepergian jauh, dengan cara menghitung neptu yaitu menjumlah hari dan pasaran. Setelah ketemu jumlahnya lalu dihitung demikian: suku, watu, gajah, baya, ratu. Jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Wage, 18 Juni 2017, kalender Jawa tanggal 23, bulan Pasa, tahun Je 1950, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Wage, 5 + 4 = 9, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Senin Kliwon, 19 Juni 2017, kalender Jawa tanggal 24, bulan Pasa, tahun Je 1950, tanggal sangar, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Kliwon, 4 + 8 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah.

Selasa Legi, 20 Juni 2017, kalender Jawa tanggal 25, bulan Pasa, tahun Je 1950, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Legi, 3 + 5 = 8, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh. Tetapi jangan ke Baratadaya, tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah.

Rabu Paing, 21 Juni 2017, kalender Jawa tanggal 26, bulan Pasa, tahun Je 1950, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Paing, 7 + 9 = 16, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN, selamat dihormati orang banyak.

Kamis Pon, 22 Juni 2017, kalender Jawa tanggal 27, bulan Pasa, tahun Je 1950, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Pon, 8 + 7 = 15, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timur tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah.

Jumat Wage, 23 Juni 2017, kalender Jawa tanggal 28, bulan Pasa, tahun Je 1950, hari Taliwangke, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Wage, 6 + 4 = 10, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timurlaut tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI dukacita dan sengsara.

Sabtu Kliwon, 24 Juni 2017, kalender Jawa tanggal 29, bulan Pasa, tahun Je 1950 Jimawal, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Kliwon 9 + 8 = 17, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak.

Jika arah bepergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR