Kuliner Indonesia Kaya, Kuliner Nusantara di Masa Kini

0
80

Jika dulu kita harus mencari tahu menu dan cara membuat masakan dari ibu atau nenek, kemudian dicatat dalam buku, di era kecanggihan teknologi dan internet Djarum Bakti Budaya Foundation akan menyajikan menu dan cara memasak masakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam Youtube web series bernama Kuliner Indonesia Kaya.

Demo Masak oleh Astrid dan Jordi Onsu.
Demo Masak oleh Astrid dan Jordi Onsu.

Bekerja sama dengan Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI), Kuliner Indonesia Kaya yang diproduksi oleh Kokiku TV dan dipandu oleh Jordi Onsu, akan mengajak penonton untuk mengikuti Jordi Onsu menyelesaikan tantangan untuk memasak berbagai macam masakan Indonesia dari daerah yang berbeda-beda di setiap episode. Tidak hanya cara memasak tetapi filosofi, budaya dan bahan-bahan yang akan digunakan dikupas tuntas dalam Kuliner Indonesia Kaya.

Ditemui dalam acara peluncuran web series Kuliner Indonesia Kaya, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, mengatakan melalui tayangan kuliner ini ia ingin membawa makanan tradisional Indonesia ke dalam sudut pandang modern tanpa mengubah elemen tradisionalnya. “Tentu akan dikemas secara informatif tetapi juga menghibur, lebih kekinian supaya cocok dengan generasi muda,” tambahnya.

ACMI yang selama ini konsisten melakukan beragam kegiatan yang bertujuan mengangkat dan mengenalkan kuliner Indonesia kepada masyarakat luas sangat bersemangat dengan adanya program Kuliner Indonesia Kaya, pasalnya selain satu visi dan misi, juga dilibatkan dalam pembuatan konten diharapkan program ini akan membuat kuliner tradisional Indonesia semakin dikenal dan dicintai masyarakatnya.

Setiap minggu pertama di Youtube, Kuliner Indonesia Kaya sudah bisa ditonton. Setiap episode berdurasi sekitar 10-15 menit. Dalam pelaksanaannya dicoba satu bulan satu daerah kuliner dengan dua ragam kuliner yang dibahas. Kalau antusiasnya baik ada kemungkinan untuk menambah jam tayangnya.

(ki-ka) Triawan Munaf (tengah) berfoto bersama Renitasari Adrian (kanan), Santhi Serad (ke-2 dari kanan) dan Jordi Onsu.
(ki-ka) Triawan Munaf (tengah) berfoto bersama Renitasari Adrian (kanan), Santhi Serad (ke-2 dari kanan) dan Jordi Onsu.

Untuk edisi perdana sudah siap tayang mulai bulan Juni 2017. Kuliner pertama yang “ditaklukan” ialah Sumatera, dengan kulinernya rendang dan sarikayo. Dalam penentuan daerah dan konten masakan yang dipilih untuk ditayangkan, ACMI memilih kuliner yang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia, seperti rendang, aneka soto, sate, dan yang lainnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR