Wanted! Musisi Muda Kreator Musik Tradisi Baru

0
555

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2011, Festival Musik Tembi (FMT) menjadi acara rutin tahunan yang selalu diorganisasi oleh anak-anak muda. Tahun ini FMT akan diselenggarakan pada tanggal 18,19, 20, Mei 2017 bertempat di Tembi Rumah Budaya.

Allegro Sanaparane peserta MTB dari Solo. Foto: Dok. FMT 2016
Allegro Sanaparane peserta MTB dari Solo. Foto: Dok. FMT 2016

Musik merupakan salah satu unsur budaya penting di negeri ini, yang merupakan tradisi turun-temurun sehingga menjadi sebuah kearifan lokal dengan nilai luhur. Setelah sukses merilis album kompilasi keenam pada bulan Desember 2016, Forum Musik Tembi (Fombi) sebagai penyelenggara FMT selalu memberikan ruang kreasi sekaligus kompetisi bagi musisi muda di program Musik Tradisi Baru (MTB).

MTB merupakan salah program dari rangkaian acara FMT berupa ruang kreatif bagi kreator muda untuk menciptakan karya musik dengan menggunakan elemen musik tradisi Indonesia seperti alat musik atau idiom musik tradisi. Dengan merespon keragaman bunyi-bunyian Nusantara sekaligus laboratorium musik bagi khalayak muda tanpa sekat genre.

Maka dari itu program Musik Tradisi Baru menantang musisi-musisi muda untuk tidak hanya melestarikan musik budaya dengan memainkan instrumennya, tapi juga menghidupkan spiritnya, mengeksplorasi makna dan membawanya ke ranah yang lebih luas. Menghasilkan karya musik penuh ide dan kreasi masa kini tanpa mengabaikan akar budaya Nusantara.

Eksplorasi suara Mantradisi (Jogja). Foto: Dok. FMT 2016
Eksplorasi suara Mantradisi (Jogja). Foto: Dok. FMT 2016

Fombi membuka pendaftaran karya untuk MTB hingga 25 April 2017. Hasuk Seleksi Tahap Awal akan diumumkan pada tanggal 10 Mei 2017 di www.fombi.net, setelah itu grup yang telah lolos seleksi tahap awal akan mementaskan karyanya pada 19 Mei 2017 di Panggung Nominasi Musik Tradisi Baru. Di akhir, finalis yang terpilih akan masuk dalam album kompilasi “Musik Tradisi Baru 2017.”

Sanggar Seni Kakula dari Palu. Foto: Dok. FMT 2016
Sanggar Seni Kakula dari Palu. Foto: Dok. FMT 2016

Pendaftaran MTB 2017 terbuka untuk umum dan gratis. Formulir pendaftaran dapat diunduh di www.fombi.net atau diambil langsung di sekretariat Fombi (Forum Musik Tembi) Tembi Rumah Budaya, Jl Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon-Bantul, Yogyakarta, 55188. Sedangkan pengumpulan formulir dapat langsung atau melalui pos dengan alamat yang sama atau melalui email: [email protected] (Dalam mengirimkan identitas sebagai persyaratan melalui e-mail dapat menggunakan alat scanner).

Konten Terkait:  Sekaten dalam Rekaman Majalah Kajawen 1938

Adapun persyaratan untuk menjadi calon peserta adalah sebagai berikut :

  1. Karya musik ciptaan sendiri dalam menggunakan elemen musik tradisi Indonesia seperti alat musik atau idiom musik tradisi.
  2. Usia 15-35 tahun.
  3. Perorangan atau kelompok (maksimal 7 orang).
  4. Fotokopi identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar).
  5. Karya yang dikirim merupakan karya yang akan dipentaskan.
  6. Durasi karya maksimal 7 menit.
  7. Memberikan rekaman dalam bentuk CD dengan format MP3 dan Video dengan format MOV atau MP4.

Info lebih lanjut mengenai MTB 2017 dapat menghubungi 08156850928 (Edho) atau melalui e-mail [email protected] Komunikasi melalui media sosial pun terbuka di akun : Fombi Tembi (Facebook), @fombi_ (Twitter), Festival_Musik_Tembi (Instagram). (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here