Kumpulan Tembang Permainan Anak-anak Masa Lalu

0
1062

Tembang Dolanan Anak 2Candrane adhiku Sri Widada
Bunder impleg-impleg kaya Nrada
Njoged mendheg-mendheg neng pendhapa
Anggepe candrane kaya Raden Gatotkaca

Lagu atau tembang di atas adalah salah satu lagu dolanan atau permainan anak-anak Jawa. Berisi tentang gambaran seorang kakak terhadap adiknya. Adiknya dikatakan bertubuh ‘bulat’ seperti Dewa Narada dalam cerita pewayangan. Si adik sedang menari di sebuah pendapa, dan si adik membayangkan dirinya seperti Raden Gatotkaca yang gagah berani.

Tembang dolanan anak di era 1970-an sampai 1980-an masih sering terdengar ketika anak-anak berkumpul dan bermain. Mereka menyanyikan lagu-lagu tersebut diikuti oleh gerakan badan dalam suasana yang riang. Walaupun kelihatannya hanya untuk bermain-main dan bersenang-senang saja, tetapi lagu-lagu tersebut banyak mengandung unsur pendidikan, yang berperan dalam pembentukan akhlak anak. Misalnya budi pekerti, sopan santun, cinta sesama dan lingkungan, bahkan otak pun ikut terasah. Hal ini tidak mengherankan karena ada lagu dolanan anak yang mengandung teka-teki atau suatu pertanyaan. Ketika mereka bermain yang mendapat pertanyaan pasti akan berusaha untuk menjawab.

Tembang Dolanan AnakTetapi seiring perkembangan zaman lagu-lagu dolanan tersebut semakin tersisih. Sekarang sangat jarang anak-anak bermain dan melagukan tembang dolanan anak. Kalau ada festival dolanan anak atau pentas seni tembang dolanan anak, barulah tembang-tembang dolanan anak tersebut terdengar lagi.

Buku ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan sekaligus mengenalkan tentang lagu-lagu dolanan anak. Buku yang dapat membantu ketika guru, orangtua, anak atau siapa saja ingin mengenal dan belajar atau mengenalkan tentang termbang dolanan anak.

  • Tembang Dolanan Anak 2Judul:
    Kumpulan Tembang Dolanan Anak. Jilid 2
  • Penulis:
    Sumpono
  • Penerbit:
    Dinas P & K Bantul, 2003, Bantul
  • Bahasa:
    Jawa
  • Jumlah halaman:
    iv + 25

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here