Gua Wurung, Tempat Persembunyian Pangeran Diponegoro dan Letkol Soeharto

0
608

Gua Wurung secara administratif terletak di Dusun Bibis, Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. Gua ini konon dulu pernah digunakan untuk tempat persembunyian Letkol Soeharto dalam rangka menyiapkan diri mengatur strategi untuk melakukan serangan umum ke Yogyakarta yang diduduki tentara Belanda.

Bukit batu di atas Gua Wurung. Foto: A. Sartono
Bukit batu di atas Gua Wurung. Foto: A. Sartono

Akan tetapi tempat ini dapat dideteksi oleh mata-mata Belanda sehingga Soeharto segera membatalkan penggunaan gua tersebut sebagai tempat mengatur siasat. Batal dalam bahasa Jawa diistilahkan dengan wurung. Oleh karena itu gua ini dinamakan Gua Wurung.

Lokasi gua ini dapat dijangkau dari Pabrik Gula Madukismo ke barat lurus hingga sampai perempatan SDN Bibis. Pada perempatan ini ambil arah ke kiri (selatan) sekitar 200 meter. Pada jarak tersebut akan ditemukan pertigaan kecil. Ambil arah kanan (jalan kampung menaiki bukit). Jarak Gua Wurung dengan jalan atau gang kampung ini sekitar 100 meter.

Gua Wurung dilihat dari arah depan. Foto: A. Sartono
Gua Wurung dilihat dari arah depan. Foto: A. Sartono

Tidak ada jalan khusus sebagai penghubung/penyambung antara Gua Wurung dengan jalan dusun. Untuk menjangkau lokasi pengunjung harus menerabas semak belukar dan meniti dinding bukit. Tidak adanya akses jalan ke Gua Wurung menunjukkan bahwa lokasi itu memang relatif jarang dikunjungi orang.

Gua Wurung memiliki kedalaman sekitar 3 meter dan diameter mulut gua sekitar 3 meter. Gua berada di dinding bukit di wilayah itu dengan arah hadap ke timur. Gua tidak bisa dilihat dari jalan kampung (jalan masuk) karena mulut gua tertutup rimbunan semak dan pepohonan di wilayah itu.

Versi lain menyatakan bahwa gua ini dulu pernah digunakan sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dalam rangka menghindari kejaran Belanda. Namun tempat persembunyian ini juga dapat diendus oleh mata-mata Belanda. Oleh karena itu Pangeran Diponegoro segera membatalkan penggunaan gua ini sebagai salah satu tempat persembunyiannya. Oleh karena itu gua ini dinamakan Gua Wurung. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here