Pitik Garang Asem dan Jus Sida Tresna, Paduan nan Nikmat dan Menyehatkan

0
285

Garang asem mungkin memang tidak asing lagi di telinga penikmat kuliner Nusantara. Meskipun demikian, antara garang asem satu dengan lainnya memang ada bedanya. Perbedaan itu bisa muncul dalam rasanya, komposisi, tampilan, warna, dan sebagainya. Demikian pun dengan apa yang dinamakan “Pitik Garang Asem” hasil olahan juru masak Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya.

Pitik Garang Asem dan Sambel Segar di WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono
Pitik Garang Asem dan Sambel Segar di WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono

Sekian jenis rempah, antara lain kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam, dan lain-lain dalam komposisi dan takaran yang pas menjadikan sajian Pitik Garang Asem produk WD Pulo Segaran mempunyai citarasa yang berbeda. Komposisi dan takaran rempahnya yang pas menjadikan kuah Pitik Garang Asem ini seperti membuat lidah demikian terlena. Daging ayamnya yang empuk dengan bumbu yang meresap menjadikan sajian Pitik Garang Asem ini benar-benar tidak boleh dilewatkan.

Jus Sida Tresna yang segar dan kaya manfaat dari WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono
Jus Sida Tresna yang segar dan kaya manfaat dari WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono

Irisan belimbing wuluh, tomat, dan beberapa helai daun kemangi menjadikan kelezatannya sempurna dalam paduan kuah yang asam-asam segar kaya aroma. Untuk kenikmatan dan kesegaran sajian ini lengkap dengan nasi putih pulen dan sambal segar Anda hanya perlu membayar Rp 21.600 saja.

Penuntasan kenikmatan bersantap Pitik Garang Asem ini akan semakin sempurna jika diakhiri dengan segelas “Jus Sida Tresna”. Ya, namanya memang Jawa banget. Sida Tresna secara harfiah bisa diartikan sebagai jadi cinta. Harapannya, jika Anda menikmati minuman ini Anda sungguh-sungguh akan jatuh cinta padanya. Kalau tidak demikian, Anda yang datang bersama pasangan atau keluarga atau handai taulan akan semakin erat dalam menjalin cinta kasih Anda.

Jus Sida Tresna berbahan baku buah bit dengan komponen yang lain. Seperti diketahui buah bit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya sebagai pembersih alami untuk ginjal dan empedu, menghancurkan sel tumor dan kanker, memperkuat fungsi darah, mengatasi anemia dan memproduksi sel darah merah, menurunkan kadar kolesterol, memberikan tenaga dan menyeimbangkan tubuh, dan lain-lain. Nah, tentu saja minuman ini bukan sekadar minuman nikmat biasa, namun sungguh kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pitik Garang Asem lengkap di WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono
Pitik Garang Asem lengkap di WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Foto: A. Sartono

Jus Sida Tresna yang diramu dari berbagai bahan dengan bahan utama buah bit ini berasa manis dan sedikit asam. Butiran buah mangga mengkal yang menjadi salah satu komponennya akan memberikan sensasi rasa buah manis, kenyal, dan sedikit asam. Warna merah alami dari buah bit menyuguhkan presentasi jus ini kelihatan demikian cantik dan memikat selera untuk segera menghirupnya. Segelas Jus Sida Tresna dibanderol dengan harga Rp 9.000. Sebuah harga yang demikian murah untuk kenikmatan dan kesehatan sekaligus. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR