Fungsi Satua atau Cerita Rakyat bagi Masyarakat Bali

0
1358

Cover Buku Kearifan Lokal MasatuaLingkungan, khususnya lingkungan keluarga mempunyai peran penting dalam membentuk karakter anak. Keluarga adalah basis awal kehidupan bagi setiap manusia. Dengan kata lain terbentuknya kepribadian anak banyak tergantung pada pemikiran, perlakuan orangtua dan lingkungan. Salah satu cara untuk membentuk kepribadian anak adalah dengan mendongeng atau bercerita. Biasanya dilakukan menjelang anak tidur. Di Karangasem, Bali dongeng atau cerita ini lebih dikenal dengan nama satua.

Satua adalah suatu jenis karya sastra Bali purwa yang bebas, tidak terikat pada bait maupun irama serta anonim (tidak diketahui pengarangnya). Bentuknya ada dua yaitu satua tutur/lisan dan satua tulis. Satua tersebut bisa berasal dari legenda, mitos maupun cerita-cerita yang berasal dari ajaran-ajaran keagamaan. Isinya menyangkut kehidupan manusia, binatang atau tumbuh-tumbuhan serta interaksi yang terjadi. Tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng sebenarnya merupakan gambaran sifat dan sikap manusia dalam kehidupan keseharian, tentang kebaikan dan keburukan.

Masatua (bercerita) sebagai suatu tradisi sudah ada sejak lama dan mengakar kuat. Masatua mempunyai fungsi sebagai penyampaian pesan dan amanat yang mengandung unsur pendidikan, khususnya dalam etika dan moral. Agar pesan dan amanat tersebut sampai, penutur harus bisa menuturkan dengan cara yang menarik. Fungsi utamanya adalah pengukuhan norma-norma sosial dan nilai-nilai yang menjadi pegangan tingkah laku masyarakatnya. Norma dan nilai tersebut antara lain tanggung jawab, kreatif, ketaatan pada orangtua, kewaspadaan, keikhlasan, persahabatan, kesederhanaan, kesetiaan, etika, kepercayaan dan lain-lain. Dalam buku ini ada beberapa contoh satua, di antaranya cerita tentang induk ayam dan kucing, tikus sakti, I Belog (pemuda bodoh) membeli itik dan Pan Balang Tamak.

Satua dan masatua merupakan kearifan lokal (local wisdom) yang masih relevan sampai saat ini. Sebagai local wisdom di dalamnya mengandung gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana dan penuh kearifan yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Dalam perkembangannya satua tidak hanya diceritakan menjelang tidur, tetapi juga dalam bentuk lain. Misalnya dipentaskan dalam bentuk drama atau dibuat tulisan (misal buku cerita untuk anak).

  • Kearifan Lokal MasatuaJudul:
    Kearifan Lokal Masatua dan Kaitannya dengan Pendidikan Karakter BangsaDi Kabupaten Karangasem, Bali
  • Penulis:
    I Made Satyananda, dkkPenerbit : BPNB + Ombak, 2016, Yogyakarta
  • Bahasa:
    Indonesia
  • Jumlah halaman:
    x + 123

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here