Candi Mantup Berada di Persawahan

0
500

Candi Mantup terletak di Dusun Sampangan Mantup, Kelurahan Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi candi dapat dicapai melalui Jalan Raya Wonosari. Setelah sampai di Jalan Raya Wonosari km 7, maka pengunjung dapat mengarahkan perjalanannya ke sisi utara Jalan Raya Wonosari tersebut. Jarak antara Jalan Raya Wonosari dengan lokasi sekitar 500 meter. Situs ini berada di tengah areal persawahan.

Candi Mantup di Sampangan Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Foto: A. Sartono
Candi Mantup di Sampangan Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Foto: A. Sartono
Tiga buah bangunan Candi Mantup. Foto: A. Sartono
Tiga buah bangunan Candi Mantup. Foto: A. Sartono

Candi Mantup ditemukan pertama kali pada tahun 1991, ketika penduduk sekitar melakukan penggalian untuk menurunkan permukaan tanah persawahan. Penduduk yang sedang melakukan penggalian menemukan tiga buah candi pada kedalaman kurang lebih 1 meteran. Tiga buah bangunan candi ini berdenah bujur sangkar. Tiga buah candi itu memiliki ukuran yang berbeda-beda. Diurutkan dari utara ke selatan, maka semakin ke selatan ukuran candi semakin besar. Candi ini memiliki arah hadap ke barat.

Bentuk tubuh dan atap candi tidak diketahui. Bangunan candi diperkirakan berbentuk tambun dan beratap rata. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 dan diperkirakan pula memiliki hubungan dengan candi-candi lain di Bantul, seperti Candi Gampingan maupun Petirtaan Payak.

Beberapa batuan yang ditemukan di Situs Candi Mantup. Foto: A. Sartono
Beberapa batuan yang ditemukan di Situs Candi Mantup. Foto: A. Sartono

Salah satu hal yang menarik dari Candi Mantup adalah karena di kompleks percandian ini pernah ditemukan arca atau patung Kalyana Sundaramurti, fragmen Kamandalu, fragmen gerabah, dan pada ketiga candi ditemukan sumuran. Diperkirakan Candi Mantup bersifat Hindu dan digunakan sebagai tempat pemujaan.

Arca Kalyana Sundaramurti menggambarkan pernikahan Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Arca diwujudkan dengan perhiasan yang kaya. Posisi figur berdiri dengan tangan kiri Siwa disatukan (menangkup) dengan tangan kanan Parwati. Arca ini termasuk langka dan unik. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here