Pabrik Gula Colomadu Tahun 1867

0
740

Berikut ini adalah foto Pabrik Gula Colomadi di Desa Malangjiwan, tepatnya di Jalan Adisucipto No. 1, Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Pabrik ini didirikan oleh KGPAA Mangkunegara IV pada hari Minggu, 8 Desember 1861. Peletakan batu pertama dilakukan oleh seorang ahli berkebangsaan Jerman yang bernama R Kampf yang diperintahkan oleh Mangkunegara IV untuk mendirikan pabrik gula yang kemudian diberi nama Colomadu, yang dapat diartikan sebagai gunung madu.

Pabrik Gula Colomadu dalam buku Woodbury & Page Photographers Java, KITLV Press, Leiden.
Pabrik Gula Colomadu dalam buku Woodbury & Page Photographers Java, KITLV Press, Leiden.

Foto yang ditampilkan ini dibuat pada tahun 1867, enam tahun setelah pabrik gula tersebut beroperasi. Seperti diketahui, pada awal abad ke-19 penguasa-penguasa di Jawa Tengah banyak menyewakan tanah-tanah kepada pengusaha dari Eropa untuk dijadikan area pertanian. Produk-produk pertanian itu kemudian diekspor. Dalam rangka untuk menuai keuntungan dari budidaya tanaman, Mangkunegara IV pun mendirikan beberapa perusahaan, PG Colomadu adalah salah satunya.

Semula PG Colomadu merupakan perusahaan keluarga namun menjelang wafatnya Mangkunegara IV perusahaan ini diubah menjadi perusahaan praja (Kerajaan Mangkunegaran). Pada awal abad 20 perusahaan ini berada di bawah pengawasan sebuah komisi yang dinamakan Commissie van Beheer. Saat pendudukan Jepang nama komisi tersebut diubah menjadi Perusahaan Perkebunan Mangkunegaran (PPMN).

Seiring perjalanan waktu dengan segala macam gejolak, dinamika, pasang surut, dan bahkan merosotnya produksi gula serta terbatasnya lahan tebu, maka PG Colomadu berhenti beroperasi sejak tanggal 1 Mei 1997. (*)

Konten Terkait:  Permainan Dakon yang Kini Lebih Gampang Ditemui di Museum

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here