Rujukan untuk Mengenal Karawitan Bali

0
503

Bali dan seni, seni dan Bali adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sangat kental dengan nuansa seni. Seni sudah mendarah daging, yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah karawitan. Karawitan mencakup dua hal yaitu vokal dan alat musik. Gamelan adalah alat musik dalam karawitan. Keduanya saling melengkapi, walaupun dalam keadaan tertentu vokal dan alat musik dapat disajikan secara terpisah. Bahkan alat musik yang tidak lengkap pun dapat dimainkan.

Buku ensiklopedi karawitan Bali ini berisi tentang berbagai istilah karawitan Bali, sekaligus dengan penjelasan visual melalui foto, diagram, notasi dan sebagainya. Kadang-kadang terjadi wilayah yang berbeda mempunyai suatu istilah yang sama, tetapi mempunyai arti atau pengertian yang berbeda. Bila menjumpai hal seperti ini, pertama-tama harus dicari adalah lokasi atau tempat asal istilah tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dengan membaca buku ini, kita akan mengetahui berbagai alat musik tradisional Bali dengan berbagai ragam dan jumlahnya serta penggunaannya. Juga jenis-jenis lagu atau seni vokal tradisional. Yang tidak kalah menarik, penulis buku ini juga membahas hal-hal yang tidak “berkaitan langsung” dengan karawitan, semisal bentuk hiasan (contoh : ukiran) pada kayu tempat meletakkan alat musik.

  • ensiklopedi-karawitan-bali-1Judul:
    Ensiklopedi Karawitan Bali
  • Penulis:
    Pande Made Sukerta
  • Penerbit:
    MSPI, 1998, Bandung
  • Bahasa:
    Indonesia
  • Jumlah halaman:
    iii + 187
Konten Terkait:  Inilah Wajah Hotel Oranje Surabaya Tahun 1940

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here