Wisuda Kursus MC Bahasa Jawa Angkatan Ke-35, Menjadi Modal Melayani Masyarakat

7
2989

Sebanyak 21 peserta kursus MC Bahasa Jawa Angkatan ke-35 di Tembi Rumah Budaya telah lulus ujian dan diwisuda pada 28 November 2016. Dalam sambutannya, Anindya Barata selaku kepala bagian budaya, mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah menjalani kursus selama 3 bulan, untuk bersama-sama belajar mengenai bahasa Jawa, unggah-ungguh serta adat tatacara Jawa, khususnya pada upacara perkawinan, kelahiran dan kematian.

Upacara wisuda ditandai dengan pemberian Partisara, tanda lulus. Foto: A. Sartono
Upacara wisuda ditandai dengan pemberian Partisara, tanda lulus. Foto: A. Sartono

Waktu tiga bulan masih jauh dari cukup, untuk mempelajari upacara tradisi yang berhubungan dengan kelahiran, perkawinan dan kematian. Oleh karenanya, seremonial wisuda ini bukanlah akhir dari sebuah proses belajar mengajar, melainkan merupakan modal awal untuk mengeduk dalam-dalam pengetahuan serta makna filosofis-simbolis yang ada dibaliknya.

Diharapkan agar para wisudawan kursus MC Basa Jawa Tembi Rumah Budaya angkatan ke-35 berdaya guna melayani masyarakat. Terutama dalam mengawal, merawat, menghidupi serta mengembangkan budaya tradisi Jawa yang ada di Yogyakarta. Para wisudawan yaitu: Agus Makrifatulloh (Magelang), Agus Supriyono (Yogyakarta), Daryanto (Yogyakarta), Fransiska Umiyati (Bantul), Harjono (Bantul), Imadi (Sleman), Juwarisman (Bantul), Kelik Minulyo (Bantul), Muhlis (Bantul), Nabila Putri Sekarlangit (Bantul), Dra. Ninin Chlorina (Purwokerto), Nuryadi (Bantul), Oni Nur Aswad (Bantul), Parjiyo (Kulon Progo), Priyono (Bantul), Restu Ajik Ubayan (Bantul), Rully Ismada (Sleman), Subiyanto (Bantul), Susilo Dwi Nugroho (Bantul), Wandiyo (Yogyakarta), Widayat Umar (Bantul),

Upacara wisuda malam itu dimeriahkan dengan pementasan ketoprak ‘Selamara’ dengan sutradara Angger Sukisno dengan judul: Konflik Bumi Maos. Para pemain yang mendukung pementasan adalah: Rini Widiastuti, Stefanus Dalijo, Sugiman, Purwanti, Riyatminingsih, Mardi Gombloh, Budi Sutawiyasa, prajurit bala dupak ‘Gereh Pethek’ dari Srandakan. Acara Wisudan dan pentas diawali pukul 20.30 dan berakhir pada pukul 24.00. (*)

7 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum. Kagem angkatan kursus MC bahasa jawa saklajengipun pendaftaranipun sampun dipunmulai dereng? Mulai pembelajaran tanggal pinten? Kagem biayanipun pinten? Matur nuwun infonipun.

  2. Sugeng enjang pak, nyuwun sewu dalem kepingin pados kursus MC bahasa Jawa wonten ing wilayah Jakarta susah sanget, menawi bade pados buku pedoman kangge MC bahasa Jawa wonten pundi matur nuwun

  3. Sugeng ndalu Bapak, nyuwun pirsa mbenjing menapa wonten pendaftaran kursus mc malih ?
    kula saestu ngantu-antu. Matur nuwun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here