Mengenal Wayang Kulit dari A Sampai Z

2
996

Wayang kulit merupakan seni yang sangat luas jangkauannya, meliputi seni menggambar, seni suara, seni musik, seni tari, dan lain-lain. Ceritanya memuat atau mengandung ajaran atau filsafat yang tinggi. Buku atau pun tulisan mengenai wayang kulit sudah banyak dibuat, baik untuk kajian ilmiah maupun bacaan ringan.

Buku berjudul Ringgit Wacucal ini dapat dijadikan bacaan dan sarana untuk mempelajari wayang. Melalui buku ini diharapkan pembaca (yang belum paham) dapat memahami budaya wayang kulit. Buku Mengenal Wayang KulitBuku ini dibuat tidak bersifat ilmiah tetapi berupa bacaan pengetahuan populer. Isinya mencakup semua permasalahan yang berkaitan dengan wayang kulit, biarpun cara memaparkannya tidak mendalam. Misalnya pengertian wayang kulit, sejarahnya, tokoh (nama, asal-usul, bentuk fisik, sifat/karakter, senjata, kemunculan dalam lakon/cerita), falsafah wayang kulit, sumber cerita dan lain-lain. Untuk lebih mudah memahami maka dilengkapi dengan gambar-gambar wayang dan juga yang berkaitan dengan wayang kulit.

Buku ini ditulis dalam tiga bahasa yaitu Jawa (yang dipakai bahasa Jawa halus/krama inggil), Indonesia dan Inggris. Untuk bahasa Jawa sengaja dipilih yang bahasa Jawa halus agar pembaca sekaligus dapat belajar dan berlatih dalam penggunaan bahasa Jawa yang halus, sesuai budaya Jawa yang penuh tata krama. Bahasa Indonesia untuk menjangkau masyarakat Indonesia (bisa juga orang asing yang telah mengerti bahasa Indonesia) yang tidak atau kurang menguasai bahasa Jawa. Sedangkan bahasa Inggris untuk jangkauan yang lebih luas yaitu masyarakat asing yang tidak bisa berbahasa Indonesia maupun Jawa.

Misi pembuatan buku ini sebenarnya adalah untuk memelihara dan mengembangkan wayang kulit yang adiluhung, anjuran agar dalam pementasan walaupun mengikuti perkembangan jaman tetap memperhatikan pakem, agar melalui bahasa Jawa dapat menanamkan tata susila dan budi pekerti, sebagai benteng atau penyaring dalam menghadapi budaya luar yang tidak sesuai, serta menumbuhkan perhatian dan minat bangsa asing terhadap wayang kulit.

  • Buku Mengenal Wayang KulitJudul:
    Ringgit Wacucal/ Wayang Kulit/ Shadow Puppet
  • Penulis:
    KRMH. H. Wirastodipuro, BcAP
  • Penerbit:
    ISI Press, 2006, Surakarta
  • Bahasa:
    Jawa, Indonesia dan Inggris
  • Jumlah halaman:
    LVI + 676

2 KOMENTAR

  1. Buku ini kelihatannya sangat baik untuk diketahui oleh para pemula atau yang sudah paham tentang wayang kulit, dapat memahami lebih mendalam, dimana saya bisa membeli buku ini dan berapa harganya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here