Ayam Goreng Kremes Sambel Ijem yang Menggoda Lidah

0
763

Bulan November ini Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya menyajikan menu unggulan ayam goreng kremes. Berbeda dengan ayam goreng kremes pada umumnya, ayam goreng kremes WD Pulo Segaran diramu dengan cabe hijau (lombok ijo), yang kemudian dinamakan “Ayam Goreng Kremes Sambel Ijem.”

Pasangan serasi Ayam Goreng Kremes Lombok Ijem dan Es Pelem Segaran dari WD Pulo Segaran Tembi yang menggoda selera. Foto: A. Sartono
Pasangan serasi Ayam Goreng Kremes Lombok Ijem dan Es Pelem Segaran dari WD Pulo Segaran Tembi yang menggoda selera. Foto: A. Sartono

Untuk menghasilkan menu spesial ini, cara memasaknya pertama-tama daging ayamnya diungkep dengan bumbu rempah dan kemudian digoreng dalam suhu tertentu dan waktu yang pas, yang menyebabkan daging ayamnya menjadi empuk dan “mirasa” (merasuk bumbunya). Suhu api yang pas dan waktu yang tepat dalam menggoreng menjadikan sisi luar daging ayam terasa krispi namun lunak di bagian dalamnya. Taburan kremesnya menjadikan hidangan ini terasa sensasional kriuknya.

Lombok ijo atau lombok ijem yang menjadi pengiring bersantap ayam goreng ini pas dan cocok sekali disantap bersama suwiran daging ayam goreng kremesnya. Takaran aneka unsur untuk pembuatan sambel ijem menjadikan rasa lombok ijem ini pas pedas, asin, dan manisnya. Tampilan cabe ulegnya yang benar-benar ijem atau hijau segar segera saja menyergap selera untuk segera mencicipnya.

Detail Ayam Goreng Kremes Lombok Ijem dari WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A. Sartono
Detail Ayam Goreng Kremes Lombok Ijem dari WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A. Sartono

Nasi putih yang hangat, ayam goreng yang panas, serta sambal lombok ijo yang segar menjadikan menu Ayam Goreng Kremes Sambel Ijem menjadi menu yang benar-benar menggugah selera. Hidangan ini dibanderol dengan harga sangat bersahabat, Rp 27.000 saja.

Sebagai pelengkap atau penyempurna dari menu ini, WD Pulo Segaran juga mempromosikan minuman yang berbahan baku mangga yang dinamakan Es Pelem Segaran. Bahan minuman ini sesuai dengan musim mangga yang jatuh pada kisaran bulan Oktober-Desember. Olahan daging buah mangga arumanis yang diblender halus dicampur dengan sirup prambose dan diisi dengan biji selasih serta irisan daging buah mangga yang mengkal menjadikan minuman ini segar dihirup dan kenyal dikunyah. Untuk minuman Es Pelem Segaran ini Anda cukup membayarnya dengan harga Rp 8.100 saja. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here