Sajian Spesial Oktober Sayur Oyok Godong Mbayung dan Es Cao

0
1173

Sayur Oyok Godong Mbayung. Demikian nama menu promo yang disuguhkan oleh Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya pada bulan Oktober ini. Hampir dapat dipastikan tidak banyak lagi orang mengenal menu khas ndesa pedalaman Jawa ini. Jika Anda memang penggemar sayuran tentu sangat baik untuk mencoba menu yang cukup langka di pasar kuliner umum ini.

Sayur Oyok Godong Mbayung adalah sayur yang berbahankan mbayung (daun kacang panjang) muda dan tempe gembus yang dipotong memanjang serta berkuah santan dengan bumbu rempah nyaris mirip lodeh (bawang merah, bawang putih, kencur, sunthi, cabai, daun salam, dll.) namun minus irisan petai, rese, dan tempe semangit.

Sayur Oyok Godong Mbayung WD Pulo Segaran Tembi, sederhana, langka dan nikmat. Foto: A. Sartono
Sayur Oyok Godong Mbayung WD Pulo Segaran Tembi, sederhana, langka dan nikmat. Foto: A. Sartono

Sayur ini terasa sangat gurih karena efek santan dari parutan kelapa tua dicampur dengan parutan kelapa muda. Jadi kuah santan Sayur Oyok Godong Mbayung ini berpadu dengan parutan kelapa muda yang juga gurih dan terasa agak manis. Aroma daun mbayung yang khas yang berpadu dengan bumbu rempah dan santan sangat menggoda selera. Irisan tempe gembus yang juga mulai langka di pasaran mengundang rasa penasaran untuk segera mencicipinya.

Es Cao WD Pulo Segaran Tembi, maknyess dan harga friendly. Foto: A. Sartono
Es Cao WD Pulo Segaran Tembi, maknyess dan harga friendly. Foto: A. Sartono

Sayur Oyok Godong Mbayung sangat nikmat disantap dalam kondisi panas/hangat. Cocok pula disantap di tengah cuaca yang dingin atau panas. Krupuk karak atau krupuk legendar yang menjadi pendamping untuk menyantap menu ini juga terasa demikian klop. Orang boleh mengatakan bahwa presentasi atau penampilan menu ini kelihatan sederhana. Namun jika sudah mencicipnya jangan salahkan kemudian menjadi ketagihan. Untuk menu Sayur Oyok Godong Mbayung lengkap Anda cukup membayarnya dengan harga Rp 12.600, harga yang friendly untuk santapan langka senikmat itu.

Di samping menu tersebut, Warung Dhahar Pulo Segaran di bulan Oktober ini juga menawarkan menu minuman yang disebut Es Cao, yang dibuat dari bahan-bahan cincau (camcau) hijau, sirup frambos, irisan daging buah kweni (sejenis mangga), air kelapa muda, dan daging buah kelapa muda. Perpaduan semua unsur dalam peramuan es ini menjadi kata kunci yang paling pokok. Oleh karena ketepatan takaran dan komposisi maka dihasilkan Es Cao yang sungguh nikmat. Itulah yang dihasilkan WD Pulo Segaran Tembi. Untuk dapat menikmati Es Cao ini Anda cukup membayarnya dengan Rp 8.100 saja. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here