Peringatan HMI Pertama Dipusatkan di Museum Benteng Vredeburg

0
583

Sekarang museum di Indonesia telah memiliki Hari Museum Indonesia (HMI) yang ditetapkan tanggal 12 Oktober, yang untuk pertama kali diperingati di Yogyakarta. Penetapan HMI dideklarasikan di Balai Kota Malang, Jawa Timur pada 26 Mei 2015 dalam acara Pertemuan Nasional Museum (PNM) 2015.

Pendeklarasi HMI, adalah Putu Supadma Rudana (Ketua Asosiasi Museum Indonesia/AMI), para ketua Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA) Provinsi Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Barahmus DIY, Jawa Timur, Kalimantan/Sulawesi/Indonesia Timur; Himpunan Museum TMII; Museum Ullen Sentalu Yogyakarta; ketua PNM 2015, Museawan Nunus Supardi, Dr. Harry Widianto (Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman), dan Prof. Kacung Marijan (Direktur Jenderal Kebudayaan RI).

Direktur Pelestarian Cagar Budaya & Permuseuman, Dr. Harry Widianto mengibarkan bendera start untuk mengawali Jalan Sehat Museum di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sekaligus memperingati HMI 2016. Foto: Suwandi
Direktur Pelestarian Cagar Budaya & Permuseuman, Dr. Harry Widianto mengibarkan bendera start untuk mengawali Jalan Sehat Museum di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sekaligus memperingati HMI 2016. Foto: Suwandi

Dengan demikian, setiap tahun insan permuseuman Indonesia memperingati HMI setiap tanggal 12 Oktober, melengkapi Hari Museum Internasional atau International Museum Day (IMD) yang jatuh setiap tanggal 18 Mei. Untuk peringatan HMI pertama kali dirayakan pada tahun 2016 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, bertepatan dengan kegiatan Benteng Fair 2016, yang berlangsung 6—12 Oktober 2016.

Perayaan HMI yang pertama kali ini diselenggarakan dengan meriah. Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti “Jalan Sehat” (Minggu, 9 Oktober) yang diikuti lebih dari 1.000 peserta insan permuseuman, pameran museum (6—12 Oktober) dengan tema “Museum Wajah Peradaban Kita”, sarasehan tentang komunitas museum (Sabtu, 8 Oktober), serta seminar tentang peringatan Hari Museum Indonesia (Senin, 6 Oktober). Sementara kegiatan Benteng Fair ke-5, di antaranya menampilkan pameran museum bersama, talkshow, workshop, dan musik.

Pameran museum yang digelar Museum Benteng Vredeburg maupun dalam rangka peringatan HMI ke-1, didukung oleh museum-museum DIY dan Nusantara, antara lain: Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Museum Pos Indonesia Bandung, Museum Basoeki Abdullah Jakarta, Museum Sumpah Pemuda Jakarta, Museum Kepresidenan Balai Kirti Bogor, Museum Manusia Purba Sangiran Jawa Tengah, Monumen Pers Nasional Surakarta, Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta, serta Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, NTT & DIY.

Pengunjung berada di stan Museum Lukis Basoeki Abdullah dalam pameran museum memperingati HMI 2016 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Foto: Suwandi
Pengunjung berada di stan Museum Lukis Basoeki Abdullah dalam pameran museum memperingati HMI 2016 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Foto: Suwandi

Dalam acara “Jalan Sehat” yang digelar Minggu, 9 Oktober lalu, diikuti oleh insan permuseuman maupun sejumlah anggota masyarakat Yogyakarta. Rute jalan sehat berawal dari Museum Benteng Vredeburg, menuju Pagelaran Keraton Yogyakarta, melewati bekas Pasar Ngasem, hingga menembus Plengkung Wijilan, dan melewati Taman Budaya Yogyakarta dan finish di Museum Benteng Vredeburg. Hadiah utama berupa sebuah sepeda motor, serta ratusan hadiah pendamping dan hadiah hiburan lainnya. Masyarakat tampak begitu antusias mengikuti acara Jalan Sehat yang diselenggarakan oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman RI. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here