Makan yuk ..!

Rica-Rica Bebek

Rica-Rica Bebek

Menu makan rica-rica bebek memang tidak sebanyak menu bebek goreng dan bebek bakar. Pada dua jenis menu disebut terakhir ini, dibanyak tempat di Yogya, termasuk warung kaki lima mudah ditemukan. Bahkan bisa dikatakan, di area mana saja, kita akan bisa menemukan warung makan yang menyediakan bebek goreng dan bakar. Bahkan ada warung khusus yang hanya menyediakan daging bebek, atau setidaknya image yang dibangun adalah warung bebek goreng.

Namun ada juga, ruang makan, dari sejumlah menu yang disediakan, terdapat satu menu yang tertulis ‘Rica-rica bebek’, setidaknya di Quak2 Resto menu ini bisa dipesan. Biasanya, daging yang dirica-rica dan ditawarkan di warung, adalah jenis daging ayam atau enthok. Maka, ada warung yang khusus menyajikan rica-rica enthok.

Lagi-lagi, ‘Kuliner Tembi’ Minggu siang (14/10) lalu berkeliling untuk mencari menu, yang mungkin agak unik, atau setidaknya, dari kebanyakan menu yang ditawarkan, dengan bahan yang sama, dimasak secara lain. Maka, ketika mendengar ada rica-rica bebek diantara menu bebek goreng dan bebek bakar, atau dengan istilah lain bebek sambal ijo, yakni bebek goreng yang dilengkapi sambal cabe hijau, pilihannya jatuh pada rica-rica bebek.

Daging dari rica-rica bebek ini sangat empuk, sehingga tidak kesulitan mengunyah. Hanya saja, kulit dari daging tidak dikelupas, karena itu mengunyah daging sekaligus mengunyah kulitnya. Atau sebenarnya, sebelum mengambil dagingnya bisa mengelupas kulitnya untuk kemudian diletakkan di tepi piring.

Yang khas dari menu rica-rica adalah rasa pedasnya. Rica-rica bebek ini, memang sungguh pedas, meskipun sebetulnya kita bisa meminta pedasnya cukupan. ‘Kuliner Tembi’ sengaja meminta rica-rica bebek pedas, dan memang, pedasnya sungguh menggigit. Mengambil satu sendok kuah rica-rica bebek, rasa pedasnya membuat mripat berkaca-kaca, dan lidah seperti ‘digigit’. Wow.

Rica-Rica Bebek

Menu rica-rica di Yogya tidak sebanyak menu lainnya, misalnya ayam goreng, bakmi goreng, bebek goreng, tongseng dan sate. Bakmi Jawa atau bermacam jenis makanan Nusantara lainnya. Di beberapa tempat memang ada warung yang menunya menyediakan rica-rica, tetapi biasanya yang di rica-rica menthok atau ayam. Daging bebek, yang paling banyak, seperti telah disebut diawal tulisan ini, digoreng atau dibakar.

Selain memesan rica-rica bebek, seperti biasa ‘Kuliner Tembi’ memesan minuman juice, untuk kali ini memesan juice Jambu biji tanpa es. Rica-rica bebek hanyalah lauk, bukan paket menu, sehingga memesan rica-rica bebek sekaligus harus memesan nasi. Karena tanpa memesan nasi, hanya rica-rica bebek yang dihidangkan.

Bumbu dari rica-rica bebek ini terasa sekali, sehingga empuk dari daging bebek, dilengkapi dengan rasa gurih dan pedas berbaur menjadi satu. Rica-rica bebek disajikan dalam manci kecil. Lima daging dari rica-rica bebek sudah dilengkapi kuahynya. Santan dan bumbu yang telah bercampur seperti terlihat pada kuahnya yang kental.

Warung makan ini bisa ditemukan di jalan Demangan, dan berada di lokasi RRI Demangan Yogya. Lokasinya di tempi jalan. Karena areanya luas, sehingga dari tepi jalan masuk melalui pintu gerbang dan langsung menuju Quak2 Resto.

Di resto ini sejumlah menu tersedia, termasuk ada bebek betutu. Jadi, bagi orang yang ingin menikmati beragam pilihan menu, Quak-quak resto barangkali bisa dimasukan sebagai salah satu alternative. Karena, ada banyak ruang makan dan menyajikan beragam menu. Quak-quak ini, hanyalah salah satu dari sejumlah resto lainnya.

Ingin pedas rica-rica bebek, di Quak2 resto tempatnya.

Rica-Rica Bebek

Makan yuk ..!

Ons Untoro