Makan yuk ..!

Gulu Sapi Lada Hitam

Gulu Sapi Lada Hitam

Sate sapi, tongseng sapi atau gule sapi mudah sekali ditemukan di warung-warung yang ada di Yogya. Pendeknya, daging sapi merupakan konsumsi yang mudah dicari. Sekarang, menu daging sapi, menunjuk bagian tertentu pada tubuh sapi, misalnya iga sapi, yang diolah dengan beberapa macam misalnya, iga bakar sapi, iga goreng sapi, sop sapi. Artinya, daging sapi, pada bagian tertentu menjadi ‘obyek konsumsi’.

Ini ada satu menu yang menggunakan daging sapi sebagai bahan dan menunjuk pada bagian leher, yang dalam bahasa Jawa disebut sebagai gulu, dan diolah menjadi gulu sapi lada hitam, gulu sapi bakar madu, gulu sapi bakar pedas dan sop gulu sapi. Agaknya, menu daging sapi di rumah makan ‘Enak’ yang terletak di Bantul, merupakan satu-satunya warung makan yang menyajikan khusus gulu daging sapi. Pada keterangan yang tertera di list menu memberikan penjelasan mengenai daging gulu sapi itu disebutkan sebagai daging gulu/leher sapi sejatinya adalah bagian yang paling sehat dinikmati karena tidak berlemak, namun bertekstur keras’ Dengan olahan resep khusus gulu sapi dapat disajikan empuk, lezat.

‘Kuliner Tembi’ Jum’at siang (5/10) lalu, meluangkan waktu untuk mampir di ‘Warung Enak’, yang terletak di jalan Pramuka No 3, Melikan, Bantul, Yogyakarta dan memilih menu gulu sapi lada hitam disertai juice sirsak. Sayuran sertaan dari menu gulu sapi ini ialah sayur asem, yang proses memasaknya menyertakan trasi. Bumbu dari sayur asem atau mungkin lebih tepat disebut sop ini, berupa cabe, terasi dan garam, yang dilengkapi sayuran kacang, jipang dan jagung serta kacang tanah. Menikmati sop ini, rasa terasinya telah berbaur denga kuah sehingga terasinya membuat enak, ditambahi sedikit pedas dari cabe yang sudah dihaluskan.

Gulu Sapi Lada Hitam

Pilihan menu dari ‘Warung Enak’ memang bermacam-macam, selain menyediakan daging sapi yang berupa iga dan gulu sapi, tersedia pula sate sapi, sop sapi dan menu sayuran lainnya, termasuk ada ayam goreng yang diolah dengan bumbu khusus. Minumannya tersedia aneka juice dan beberapa jenis minuman lainnya. Selain itu tersedia pula menu untuk vegetarian dan menu sayuran seperti cap jay,ca kangkung dan bakmi Jawa.

Satu porsi gulu sapi lada hitam, yang membuat kenyang dimakan sendiri, harganya Rp. 30.000,-. Satu porsi ini, jika dinikmati dengan nasi, sebenarnya bisa dimakan untuk dua orang, karena daging gulu sapinya cukup banyak.

Daging gulu sapinya empuk, sehingga ketika mengambil daging sapi, meski disediakan pisau, tetapi diambil dengan sendok, dagingnya sudah bisa terangkat dan ketika dikunyah, rasa empuknya tidak membuat gigi sulit mengunyah. Bahkan, empuknya daging gulu sapi menyeruap agar-agar, yang mudah sekali ditelan.

Tempat untuk makan bisa memilih, misalnya mengambil tempat duduk di kursi yang tersedia di dalam warung makan, atau memilih lesehan di gubuk yang ada di luar bangunan utama, atau juga lesehan yang ada di dalam ruangan.

Lokasinyapun mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dengan jalan utama Bantul dan berada satu kompleks dengan toserba Purnama, sehingga ruang parkir mobil yang cukup luas menyatu dengan ruang parkir toserba. Siang pukul 10-an ‘Warung Enak’ sudah bisa melayani pembeli dan sampai malam hari kira-kira pkl 21 atau pukul 22.

Gulu Sapi Lada Hitam

Bagi yang ingin menikmati daging gulu sapi, yang dagingnya empuk menyerupai agar-agar, bisa meluangkan waktu untuk mampir ke ‘Warung Enak’ ini. Datang sendirian atau rombongan, tempatnya bisa menampung. Beberapa kali ‘Kuliner Tembi’ mampir di ‘Warung Enak’ ini dengan memilih menu yang berbeda. Pada kali ini, pilihan yang diambil gulu sapi lada hitam. Maka, jika ingin menikmati empuknya gulu sapi, mampirlah di warung ini.

Makan yuk ..!

Ons Untoro