Makan yuk ..!

Silahkan Memilih Menu yang Disukai

Silahkan Memilih Menu yang Disukai

Rumah makan, warung, atau Resto ada yang menyediakan beberpa menu laiknya pesta prasmanan. Dan resto itu memang sengaja membuka menu prasmanan bagi orang yang menyukai banyak pilihan menu, setidaknya seperti di Ambarketawang Resto, di Jalan Wates Km 6, Yogyakarta. Lokasinya di tepi jalan, ruang parkirnya luas. Resto ini merupakan rangkaian dari pom bensin, pusat oleh2 dan bengkel mobil. Jadi, bagi yang melewati jalan Wates hendak pergi ke luar kota, bisa sejenak mampir di resto ini.

Pilihan menunya ada beberapa dan orang bisa memilih lebih dari dua menu. Ada sayuran, sop, sambal goreng ati, udang, cumi, ayam dan sejumlah menu lainnya. Setiap hari selalu ada menu yang ganti, setidaknya seperti dialami ‘Kuliner Tembi’ yang beberapa kali mampir di resto ini, dan sering menemukan jenis menu yang berbeda dari menu yang dipilih pada hari sebelumnya. Ini menandakan, ada pergantian menu dalam setiap harinya.

Pada Rabu (26/9) siang lalu, ‘Kuliner Tembi’ untuk yang kesekian kali, kembali mampir di Resto Ambarketawang, dan pilihannya, untuk kali ini berbeda, ialah sambal goreng ati dan minumnya sup buah. Sengaja tidak mengambil sayuran, karena memang hanya ingin satu menu saja yang dinikmati.

Sambal goreng ati ayam, bukan ati sapi. Ada kuah dari santan pada sambal goreng ati ini, sehingga gurih dan pedas telah menjadi satu. Menu lainnya, seperti udang, sayuran daun papaya, sop dan lainnya, sengaja tidak dipilih. “Kuliner Tembi’ memang ingin menikmati satu pilihan menu saja. Dan rasanya khas laiknya sayur rumah, atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai ‘olahan (masakan) omah (rumah). Dalam kata lain, menikmati menu di Resto Ambarketawang ini serasa makan di rumah.

Silahkan Memilih Menu yang Disukai

Selain menu masakan prasmanan, yang setiap orang bisa memilih sendiri serta self servis, tersedia menu panas yang bisa dipesan dan dimasak ketika ada order, misalnya menu rawon, bakmi Jawa, sop buntut bakso dan lainnya. Pilihan menu panas, dihidangkan sesuai pesanan. Tentu berbeda dengan menu prasmanan yang dimasak dalam jumlah cukup banyak, sehingga orang bisa memilih menu yang sama pada saat bersamaan. Artinya, rombongan 10 orang bisa memilih menu yang sama.

Setiap menu memiliki harga yang tidak sama. Karena itu, memilih lebih dari dua menu, masing-masing menu akan dikenai harga yang berbeda. Dalam kata lain, besaran harga dipengaruhi dari jumlah menu yang dipilih. ‘Kuliner Tembi’ hanya memilih satu menu, artinya hanya membayar satu menu dan nasi putih, ditambah sop buah. Tidak mahal, semuanya hanya membayar Rp 16.000.-.

Resto Ambarketawang memang sudah lama, setidaknya tahun 2000-an sudah ada. Karena pada tahun 2004, ‘Kuliner Tembi’ sudah sering mampir di warung ini. Pilihan menunya, tentu, selalu berganti-ganti, termasuk minumannya. Yang paling sering dipilih minuman juice sirsak atau juice jambu biji. Pernah, suatu kali, memilih teh poci.

Di Yogya memang ada beberapa warung makan dengan bermacam istilah, termasuk resto, yang menyediakan menu prasmanan, sehingga orang bisa memilih rupa-rupa makanan. Ruang makannya yang luas dan banyak tempat duduk, setidaknya seperti Resto Ambarketawang, membuat orang yang mampir menikmati makanan bisa leluasa untuk istirahat. Apalagi, wisatawan domestik seringkali mampir di Resto ini. Ini artinya, Resto Ambarketawang memiliki relasi dari banyak daerah. Jika anda lewat jalan Wates Km 6, untuk mencobanya menu prasmanan, silahkan mampir di Resto Ambarketawang.

Silahkan Memilih Menu yang Disukai

Makan yuk ..!

Ons Untoro