Makan yuk ..!

Iga Bakar Sagan

Iga Bakar Sagan

Sekarang, kita bisa memenukan beberapa rumah makan, atau warung makan yang menyediakan menu iga bakar. Jenis menu ini, beberapa tahun lalu, tidak mudah ditemukan di Yogya. Karena yang sering disebut hanya daging sapi, tanpa menunjuk spesifikasinya. Berbeda dengan sop kaki kambing misalnya, sudah lama, di Jalan Jendral Sudirman, Yogya, warung2 tenda menyediakan jenis menu itu.

Di Yogya, ada beberapa rumah makan yang menyediakan menu iga bakar, bahkan panan namanya ditulis sudah menunjuk spesifikasi itu, seperti rumah makan, yang papan namanya mudah sekali dibaca, karena dalam ukuran besar ‘Iga Bakar Sagan’ demikianlah nama rumah makan ini.

Lokasi rumah makan ini terletak di kampung Sagan, di tengah kota Yogyakarta. Persisnya ada dibelakang antara Galleria Mall dan Novotel. Atau bisa juga melalui jalan Cik Di Tiro terus masuk kawasan Sagan, maka akan ketemu rumah makan ini. Alamat lengkapnya di jalan Sagan 1, Yogyakarta.

‘Kuliner Tembi’, Jum’at siang (7/9) lalu. Menyempatkan diri mampir ke rumah makan ini, dan pilihan menunya seperti tertulis di papan nama ‘iga bakar’. Karena pada list menu ada sejumlah menu yang ditawarkan, dan iga bakar hanyalah salah satu dari sejumlah daftar menu makan yang tertera.

Iga Bakar Sagan

Satu potong igar bakar disertai sambal, yang begitu pedas. Pada sambal ada irisan tomat. Mengambil sedikit sambal, rasa pedas langsung menempel di lidah. Mengiris daging iga bakar, menggunakan pisau yang disediakan, karena dagingnya empuk, sehingga daging mudah sekali terpotong. Sebenarnya, tanpa menggunakan pisau, cukup dengan garpu, gadignya bisa segera diambil. Bahkan, dengan garpu, sekali ‘ditancap’ dan ditarik, daging segera lepas dari tulang.

Iga bakar Sagan ini, perpaduan rasa manis dan gurih menjadi satu. Sekali mengunyah potongan iga bakar, manis dan gurih seperti bergelut di lidah. Karena dagingnya empuk, sehingga tidak kesulitan mengunyah daging. Perpaduan manis dan gurih, seolah ingin segera mengunyah potongan dagingnya.

Jika ingin ditambahi rasa segar, iga bakar Sagan menyertakan kuah sup pada menu ini, sehingga mengunyah daging iga bisa sambil menyeruput kuah sup, yang didalam kuah ditaburi berambang goreng. Apabila ingin tambah rasa yang lain lagi, agar memberi rangsangan makan, ambil sedikit sambal yang disediakan, rasa pedas akan bercampur dengan rasa manis dan gurih,.

Lalu, minuman apa yang tersedia?

Tentu ada banyak pilihan minuman. ‘Kuliner Tembi’, seperti biasa, karena tersedia aneka juice, pilihannya pada juice sirsak tanpa es. Pilihan juice ini, bagi ‘Kuliner Tembi’ seperti kelengkapan yang tak bisa dialihkan ketika menu makannya berupa daging. Buah sirsak dan daging, terasa pas dan menyehatkan.

Iga Bakar Sagan

Satu porsi iga bakar belum termasuk nasi putih. Jadi, untuk menikmati iga bakar masih perlu pesan nasi puitih. Harganya juga tidak mahal, untuk semua pesanan, iga bakar, juice sirsak dan nasi putih cukup membayar Rp. 42.500.

Kita tahu, di Yogya sekarang ini ada beberapa warung makan, atau rumah makan yang mengkhususkan dirinya menyediakan ‘iga bakar’, meski kita tahu, ada jenis menu lainnya bisa dipesan di warung makan iga bakar. Jenis warung iga bakar, mudah ditemukan di Yogya bagian utara, setidaknya di jalan Sagan, di jalan Kaliurang dan jalan Affandi warung iga bakar akan bisa ditemukan.

Setiap hari, mulai pukul 11.00 Iga Bakar Sagan sudah buka dan pukul 22.00 biasanyawarung ini biasanya sudah tutup. Jika ingin menikmati Igar bakar, datang saja ke Yogya.

Makan yuk ..!

Ons Untoro