Makan yuk ..!

Brongkos Banyak di Pulosegaran Tembi

Brongkos Banyak di Pulosegaran Tembi

Lagi-lagi ini menu baru dari Waroeng Dhahar Pulosegaran, Tembi Rumah Budaya, Jl. Parangtritis Km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Setiap bulan, Waroeng Dhahar Pulosegaran mengeluarkan menu promo. Untuk bulan Juni ‘Brongkos Banyak’ dan ‘Es Neker’ sebagai menu promo waroeng dhahar ini.

Di Yogya, memang ada beberapa pilihan menu brongkos, tetapi kebanyakan menggunakan daging sapi. Bahkan ada menu brongkos yang didalamnya hanya daging sapi, tak ada variasi lainnya, seperti khas dari brongkos, yang ada tahunya, kacang colo, telor. Pada menu brongkos banyak memang tak ada variasi bahan lainnya. Hanya ada daging banyak dalan kuah brongkos,

Bumbunya memang bumbu brongkos. Kuahnya khas dari kuah brongkos, warnanya coklat, dalam kuah disertai cabe merah, rupanya untuk memberi efek pedas pada brongkos banyak ini.

Apa itu banyak?

Banyak adalah sebutan menggunakan bahasa Jawa untuk binatang angsa. Jadi, brongkos banyak, dalam bahasa Indonesia ditulis menjadi ‘brongkos angsa’.

Bumbu dari brongkos ini bisa dikenali dari rasanya. Karena mencicipi kuahnya akan segera terasa bumbunya, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, sunthi, ketumbar, merica, jinten, kapulogo, cengkeh, pala, cabai merah besar, keluak mentol dan, tidak ketinggalan minyak goreng.

Brongkos Banyak di Pulosegaran Tembi

Semua bumbu diatas, dihaluskan, dan kemudian ditumis hingga matang dan masukan ke ungkepan banyak, masih perlu ditambah dengan garam. Daging dari banyak (angsa), yang sudah dipotong kecil-kecil, terasa empuk untuk dikunyah. Jadi, brongkos ini tidak terlalu merisaukan untuk orang tua.

Menikmati kuah dari brongkos banyak, rasa gurih terasa dan dicampur dengan rasa pedas yang tidak menggigit. Jadi, memang cukup nendang rasa dari brongkos banyak ini. Daging banyaknya 3-4 potong untuk satu porsi, sudah termasuk nasi. Harganya, Rp 27.000 untuk satu porsi.

Lalu minuman apa untuk menyertai brongkos banyak?

Kalau dikaitan dengan menu promo kelengkapan dari promo adalah ‘Es neker’. Kata neker menunjuk kata kelereng, karena dalam menu minuman ini ada variasi dalam rupa bentuk seperti neker, padahal bulatan kecil ini terbuat dari gandum, laiknya seperti dalam minuman ronde. Minuman ini masih dilengkapi dengan tape dan cincau hitam. Karena ada es batu dalam ‘es neker’ ini, rasa segar merayapi lidah.

Brongkos banyak dan es neker, menu promo sepanjang bulan Juni, dan bisa dipesan di Waroeng Dhahar ‘Pulosegaran’ Tembi Rumah Budaya.. Satu porsi es neker seharga Rp. 7.200,- Satu paket dengan brongkos seharga Rp. 34.200.-

Brongkos banyak, agaknya merupakan menu alternatif dari sejumlah menu brongkos di Yogyakarta dan tidak menyertakan daging banyak. Karena umumnya, yang dimasak untuk menu brongkos daging sapi.

Bagi para kuliner yang gemar brongkos, bisa meluangkan waktu, untuk sejenak menikmati brongkos banyak sambil melihat hamparan sawah yang mengitari Tembi Rumah Budaya.

Makan yuk ..!

Ons Untoro